Kubu Akhyar Minta Aktor Intelektual Dugaan Politik Uang Pilih Bobby Diusut

Datuk Haris Molana - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 11:56 WIB
Bobby Nasution datang ke KPU Medan (Datuk Haris Molana-detikcom)
Bobby Nasution datang ke KPU Medan (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Panwascam Medan Timur sedang mengumpulkan bukti terkait info dugaan pembagian uang ke warga diduga untuk mendukung Bobby Nasution-Aulia Rahman. Timses Akhyar meminta aktor intelektualnya diusut.

"Kita minta aparat dari tingkat Panwas Kecamatan sampai Bawaslu dan juga kepolisian dapat mengusut tuntas dugaan money politics ini," kata Sekretaris tim pemenangan Akhyar-Salman, Wasis Wiseso Pamungkas, ketika dimintai konfirmasi, Kamis (3/12/2020).

Wasis berharap petugas harus mendapat siapa tokoh intelektual tersebut, supaya mengetahui apakah aksi itu terjadi berulang kali atau tidak.

"Harus dapat siapa tokoh intelektual di balik aksi politik uang ini, karena bisa jadi bukan hanya terjadi sekali itu saja, bahkan di lokasi lain pun diduga marak aksi yang tak terpuji seperti itu," ujar Wasis.

Sebelumnya, Panwascam Medan Timur mengatakan mendapat informasi ada 2 wanita yang diduga membagikan uang ke warga lainnya agar memilih paslon Bobby Nasution-Aulia Rachman. Panwas mengumpulkan bukti dan kemudian juga memeriksa 6 saksi.

"Itu sudah kita jadikan informasi awal, sesuai dengan Perbawaslu 8 Tahun 2020 kami memiliki waktu 7 hari untuk melakukan pengumpulan alat bukti pendukung lainnya," kata Ketua Panwascam Medan Timur, Taufik, Senin (30/11).

Peristiwa itu diduga terjadi di Kelurahan Gaharu, Medan Timur, Minggu (29/11). Taufik mengatakan pihaknya bakal mengumpulkan bukti-bukti lebih dulu sebelum menentukan ada-tidaknya dugaan pelanggaran.

"Setelah itu baru akan ditetapkan apakah ada pelanggaran atau tidak. Jika ada pelanggaran pidana akan diserahkan ke Gakkumdu Kota Medan," sebut Taufik.

Taufik meminta masyarakat Medan memberikan kepercayaan kepada Panwascam bekerja sesuai aturan. Dia berjanji pihaknya bekerja secara profesional.

(idn/idn)