Amel Ketua Timses Cabup Belitung Timur Terdakwa Kasus Fitnah Divonis Bebas

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 10:13 WIB
Palu Hakim. Ari Saputra. Ilustrasi
Ilustrasi palu hakim (Ari Saputra/detikcom)
Bangka Belitung -

Ketua timses paslon Burhanudin-Khairil Anwar di Pilkada Belitung Timur, Syarifah Amelia (Amel), divonis bebas. Dia dinyatakan tak terbukti melakukan fitnah dalam kampanye.

"Menyatakan terdakwa Syarifah Amelia alias Amel binti Akhmad Satiri tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan tunggal penuntut umum. Membebaskan terdakwa oleh karena itu dari dakwaan tunggal tersebut," demikian putusan majelis hakim seperti dilihat dari situs SIPP PN Tanjung Pandan, Kamis (3/12/2020).

Sidang pembacaan putusan digelar di PN Tanjung Pandan, Bangka Belitung, Rabu (2/12). Majelis hakim juga memulihkan hak serta martabat Amel.

"Memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, dan harkat serta martabatnya," ujar hakim dalam putusannya.

Sebelumnya, jaksa mendakwa Amel melakukan kampanye dengan cara memfitnah dalam Pilkada Belitung Timur. Kasus ini berawal saat Amel menjadi juru kampanye dalam pertemuan tatap muka di Desa Simpang Tiga, Simpang Renggiang, Belitung Timur, pada 14 Oktober 2020.

Saat itu Amel sempat berorasi di hadapan para peserta kampanye. Jaksa mengatakan Amel sempat melontarkan kalimat soal pilkada bersih dan membuat suasana kampanye menjadi riuh.

Simak juga video 'Polda Sultra Kerahkan 2108 Personel Amankan Pilkada Serentak':

[Gambas:Video 20detik]



Simak kalimat yang diucapkan Amel pada halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2