Lagi, Seluruh Area Balai Kota DKI Disemprot Disinfektan Usai Anies Corona

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 18:05 WIB
Balai Kota DKI disemprot disinfektan.
Balai Kota DKI disemprot disinfektan. (Taufieq/detikcom)
Jakarta - Seluruh area Balai Kota DKI Jakarta disemprot disinfektan sore tadi. Kegiatan penyemprotan disinfektan di Balai Kota hari ini merupakan yang kedua setelah Gubernur Anies Baswedan mengumumkan positif COVID-19.

Pantauan detikcom di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (2/12/2020), penyemprotan ini dilakukan oleh gabungan anggota pemadam kebakaran DKI Jakarta. Ada 150 personel yang bertugas melakukan penyemprotan.

Penyemprotan dilakukan sekitar pukul 16.10 WIB sampai sekitar pukul 17.00 WIB. Masing-masing petugas penyemprotan menggunakan seragam APD warna merah bertulisan 'Pemadam', lengkap dengan masker, kacamata, dan alat penyemprotan.

Balai Kota DKI disemprot disinfektan.Balai Kota DKI disemprot disinfektan. (Taufieq/detikcom)

Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta Mulyanto memimpin anggotanya melakukan penyemprotan secara menyeluruh di Balai Kota DKI.

"Tolong dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dengan baik, dengan ikhlas. Penegasan ini adalah suatu kepercayaan kita semua dinas damkar untuk ditugaskan melaksanakan penyemprotan disinfektan. Tentunya, untuk lantai 2 pengecualian, karena untuk dipakai rapat," kata Mulyanto saat ditemui di Balai Kota DKI.

Mulyanto menambahkan penyemprotan ini adalah kegiatan rutin seminggu sekali. Tetapi untuk minggu ini penyemprotan dilakukan sebanyak empat kali berturut-turut.

"Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang biasa kita laksanakan setiap Jumat sore. Namun untuk minggu ini kita laksanakan selama empat hari," pungkas Mulyanto.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria dinyatakan positif virus Corona pada Jumat (27/11). Riza disebut tertular virus Corona dari staf pribadinya. Sedangkan staf tersebut tertular dari klaster keluarganya.

Selanjutnya, setelah mengetahui Riza positif Corona, Gubernur Anies Baswedan menjalani tes swab antigen pada Minggu (29/11) dengan hasil negatif. Anies kemudian menjalani tes PCR pada Senin (30/11) sebagai konfirmasi atas swab test antigen. Keesokan harinya, Anies mengumumkan bahwa dia positif COVID-19.

Sore hari setelah Anies mengumumkan dia positif Corona, seluruh area di Balai Kota DKI disemprot disinfektan. Penyemprotan dilakukan sore hari, sekitar pukul 16.50 WIB. (zak/zak)