Putus Rantai Corona, Koperasi Petrokimia Gresik Luncurkan E-Wallet

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 17:30 WIB
Petrokimia Gresik
Foto: Petrokimia Gresik
Jakarta -

Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) meluncurkan layanan e-wallet K3PG Mobile bagi anggotanya. Layanan ini merupakan solusi finansial anggota dalam bertransaksi, khususnya di masa wabah COVID-19 yang mengharuskan masyarakat menjaga jarak untuk memutus mata rantai penularannya.

Ketua Pengurus K3PG Rohmad menjelaskan anggota K3PG dapat bertransaksi menggunakan e-wallet K3PG Mobile di merchant mana pun di seluruh Indonesia yang menyediakan layanan QRIS. Transaksi hanya dilakukan melalui screening QRIS dari handphone pemilik akun K3PG Mobile atau cashless.

"Beberapa daerah di Jawa Timur, khususnya Kabupaten Gresik merupakan daerah dengan status oranye atau penularan COVID-19 risiko sedang. Kendati demikian masih ada penambahan kasus COVID-19 tiap harinya. E-wallet ini merupakan upaya K3PG mendukung pemerintah dalam memerangi COVID-19," tandasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan jika Petrokimia Gresik merupakan objek vital negara yang tidak boleh terganggu operasional bisnisnya dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional. Apalagi di tengah wabah COVID-19 dan upaya pemulihan perekonomian nasional melalui sektor pertanian.

"E-wallet menjadi bentuk perlindungan terhadap anggota kami yang merupakan keluarga besar Petrokimia Gresik, sehingga tidak mengganggu operasional bisnis perusahaan," ujarnya.

Rohmad menjelaskan dalam pengelolaan fitur e-wallet ini, K3PG bekerja sama atau bersinergi dengan lembaga perbankan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu Bank DKI. Sehingga fitur e-wallet ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam bertransaksi, tapi juga jaminan keamanan.

Sementara, e-wallet merupakan fitur pengembangan dari aplikasi keanggotaan K3PG berbasis Android bernama K3PG Mobile. Sebelumnya, aplikasi yang dikembangkan mulai 2019 ini memberikan layanan informasi tentang inquiry saldo tabungan dan pinjaman, record aktivitas anggota baik belanja di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) maupun aktivitas sisa hasil usaha (SHU).

K3PG Mobile juga mengubah layanan SHU menjadi digital. Apabila sebelumnya anggota K3PG hanya bisa sekali belanja untuk memanfaatkan voucher SHU, sekarang anggota bisa berbelanja berkali-kali belanja menggunakan K3PG Mobile selama saldo mencukupi.

"Dalam waktu segera kami juga melengkapi K3PG Mobile ini dengan fitur Belanja Online dan Pinjaman Online. Semua kebutuhan anggota K3PG kedepan cukup dipenuhi melalui smartphone yang ada di genggaman tangan. Ini komitmen kami menjadikan K3PG bukan koperasi biasa" tukasnya.

Ia menegaskan layanan e-wallet ini tidak hanya menjadi solusi finansial bagi anggota, tapi juga menjadikan K3PG semakin berdaya saing dalam upaya mewujudkan program transformasi bisnis Petrokimia Gresik.

Sedangkan, Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengapresiasi langkah K3PG dengan menyediakan dompet digital atau e-wallet sebagai upaya mendukung program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik (TBPG) yang merupakan anggota holding Pupuk Indonesia untuk menjadi solusi agroindustri.

"E-wallet merupakan langkah inovatif K3PG dalam mengikuti era 4.0 yang telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat. Selain itu juga menjadi bentuk perlindungan terhadap keluarga besar Petrokimia Gresik group untuk suksesnya program ketahanan pangan nasional," ujar Ketua Dewan Pembina K3PG Dwi Satriyo.

Ia pun mengapresiasi inovasi dari K3PG ini, karena mampu menangkap peluang dari wabah COVID-19 yang telah menghantam perekonomian masyarakat. Dwi Satriyo pun berpesan agar K3PG terus memajukan bisnisnya dengan berlandaskan pada kebutuhan anggota seperti e-wallet K3PG Mobile ini.

"Banyak industri yang bangkrut karena melihat COVID-19 sebagai wabah. Tapi K3PG justru melihatnya sebagai potensi bisnis. Kreativitas ini harus terus ditingkatkan untuk suksesnya transformasi bisnis perusahaan di masa pandemi ini," tutupnya.

Sementara itu, Direktur Kredit, UMK dan Usaha Syariah Bank DKI Babay Parid Wazdi menyampaikan terima kasih telah diberi kepercayaan K3PG dan Petrokimia Gresik dalam memberikan kemudahan dan keamanan bertransaksi bagi anggota K3PG. Ia pun berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut di karya-karya inovatif berikutnya.

"Saya berterima kasih karena menjadi bagian dari kemajuan K3PG dan memberikan perlindungan terhadap karyawan Petrokimia Gresik untuk suksesnya ketahanan pangan nasional melalui layanan e-wallet ini," tutupnya.

(mul/mpr)