Gunung Lewotolok NTT 2 Kali Erupsi Hari Ini, Terdengar Dentuman Keras

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 13:13 WIB
Gunung Illi Lewotolok.
Gunung Illi Lewotolok (Foto: dok. Antara)
Lembata -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan Gunung Api Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), dua kali mengalami erupsi hari ini. Warga diimbau waspada.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Ili Lewotolok, Stanis Ara Kian, mengatakan erupsi yang terjadi pada Rabu (2/12/2020) pukul 09.42 Wita dan 11.07 Wita disertai dengan suara dentuman keras.

"Erupsi itu disertai dengan dentuman yang sangat keras, sehingga masyarakat kami minta selalu waspada," kata Stanis saat ditemui di pos pemantauan, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, erupsi pertama pukul 09.42 Wita terekam seismogram beramplitudo maksimum 28 mm dan berlangsung kurang-lebih 22 detik. Erupsi kedua yang terjadi pukul 11.07 Wita terekam di seismogram beramplitudo maksimum 30 mm dan berdurasi kurang-lebih 40 detik.

Stanis mengatakan gempa dan dentuman masih terus terjadi di Ili Lewotolok. "Jika dibandingkan dengan tanggal 30 November lalu, erupsi beberapa hari terakhir tidak terlalu besar dan masih fluktuatif saja, kadang kecil kadang besar," katanya.