Main Game di Warnet Saat PJJ, 14 Pelajar Depok Diamankan Satpol PP

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 10:57 WIB
Sejumlah protokol kesehatan diterapkan di ruang publik. Seperti halnya warnet game online di Solo yang gunakan sekat plastik untuk cegah penyebaran COVID-19.
Ilustrasi warnet (Agung Mardika/detikcom)
Depok -

Satpol PP Kota Depok mengamankan 14 pelajar dari sebuah warnet game online. Para pelajar ini diketahui asyik main game online di tengah pembelajaran jarak jauh (PJJ).

"Sebanyak 14 orang pelajar (diamankan), sedang bermain game online pada jam belajar," ujar Sekretaris Satpol PP Kota Depok Ferry Birowo kepada detikcom, Rabu (2/12/2020).

Pelajar-pelajar itu ditemukan di sebuah warnet di Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, pada Senin (30/11). Para pelajar itu terdiri atas siswa SD hingga SMP.

Para pelajar itu, sebut Ferry, berbohong kepada orang tuanya. Mereka mengaku hendak melakukan PJJ, tetapi kenyataannya malah main game di warnet.

"Kalau anak-anak yang bersangkutan ngomong ke ortunya ya belajar melalui daring," kata Ferry.

Para pelajar itu diberi peringatan keras. Mereka diimbau tidak bermain game saat PJJ.

Satpol PP juga memberikan peringatan ke pengelola warnet. Pengelola diminta ikut mengingatkan anak-anak untuk tak main game di tengah PJJ berlangsung.

"Sedangkan pengelolanya (warnet) didata dan diberi peringatan agar tidak terjadi lagi di waktu jam belajar serta berperan aktif maupun kerja samanya untuk membantu mengingatkan anak-anak tersebut, di waktu jam belajar agar tidak bermain game online lagi," tuturnya.

Simak video 'Kemenkes Diminta Ikut Tangani Siswa Depresi Akibat Belajar Online':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/mei)