Pilwalkot Makassar 2020

Sepekan Jelang Pencoblosan, Ini Perjalanan Paslon-Gagasannya untuk Makassar

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 19:52 WIB
Debat kedua Pilwalkot Makassar (dok KPU Makassar)
Debat kedua Pilwalkot Makassar (Foto: dok. KPU Makassar)
Makassar -

Empat pasangan calon (paslon) akan memperebutkan kursi Wali Kota Makassar pada Pilwalkot 9 Desember mendatang. Keempat paslon ini dalam kurun waktu 6 bulan terakhir telah bertanding secara gagasan untuk merebut hati pemilih. Berikut perjalanan tiap paslon Pilwalkot Makassar.

Mohammad Ramdhan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Masse

Pasangan dengan julukan ADAMA ini mendeklarasikan dirinya berlaga di Pilwalkot Makassar pada awal September lalu. Pasangan ini maju dengan dukungan dari Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, dan Partai NasDem. Danny adalah Wali Kota Makassar periode sebelumnya dan Fatmawati sempat menjadi wakil rakyat di DPR RI periode 2014-2019.

Ijab kabul dengan Fatmawati, Danny mengatakan hendak menghadirkan keterwakilan perempuan di posisi elite Makassar. Fatmawati sendiri adalah istri pimpinan NasDem Sulsel Rusdi Masse, yang juga duduk di kursi DPR RI.

"Izinkan saya 'mappatabe' di hadapan seluruh rakyat Makassar. Kota Makassar dihuni masyarakat yang cerdas. Kita akan memenangkan pilkada. ADAMA untuk Makassar dua kali tambah lebih baik," kata Danny saat deklarasi pasangan ini.

Pasangan ini bertujuan untuk revolusi SDM, percepatan reformasi birokrasi, serta rekonstruksi ekonomi, sosial- budaya dan restorasi ruang kota. Keduanya juga berjanji akan fokus untuk memperkuat local influencer dan penanganan banjir.

Pada perjalanannya, pasangan ini mendapatkan batu sandungan saat dilaporkan ke Bawaslu dalam dugaan bagi-bagi sembako. Bawaslu sempat melimpahkan kasus ini ke Gakkumdu. Selain itu, salah satu posko pasangan in sempat diserang oleh orang tidak dikenal pada awal November lalu.

Tidak hanya itu, saling serang antara Danny dan Erwin Aksa tentang proyek mangkrak di Makassar membuat tensi politik di Makassar semakin hangat. Pihak Danny menyebut Erwin Aksa telah menyerang kehormatan Danny yang saat ini sedang berkontestasi di Pilwalkot Makassar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4