Semua Area di Balai Kota DKI Disemprot Disinfektan Usai Anies Positif COVID

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 18:09 WIB
Penyemprotan disinfektan di Balai Kota DKI usai Gubernur Anies positif Corona
Penyemprotan disinfektan di Balai Kota DKI usai Gubernur Anies positif Corona. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta - Tim pemadam kebakaran (damkar) melakukan penyemprotan disinfektan di kompleks area gedung Balai Kota DKI Jakarta. Penyemprotan dilakukan usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui terpapar Corona (COVID-19).

Pantauan detikcom di lokasi, Selasa (1/12/2020), penyemprotan dimulai pukul 16.50 WIB. Sebelum penyemprotan dimulai, tim damkar menggelar apel terlebih dulu.

Kepala Seksi Pengendali Operasi Damkar DKI Jakarta Mulyanto menjelaskan semua area di Balai Kota Jakarta akan disemprot disinfektan, mulai dari halaman, ruang kerja Gubernur dan Wakil Gubernur, hingga ruang kepegawaian.

"Kita semua (area) karena ini area gedung Balai Kota. Tetap ruangan Pak Gubernur, Pak Wagub, Pemda DKI, halaman juga disemprot ruang pegawai," terang Mulyanto.

Mulyanto mengungkapkan penyemprotan disinfektan ini atas permintaan dari Kepala Biro Umum DKI Jakarta. Penyemprotan akan berlangsung tiga hari, mulai hari ini hingga Kamis (3/12).

"Tadi pukul 11.00 WIB kami dihubungi, diminta penyemprotan di Balai Kota. Kita siap membantu kapan saja. Diminta oleh Kabag Umum Kepala Biro Umum DKI untuk penyemprotan 3 hari dari Selasa, Rabu, Kamis," tuturnya.

"Pelaksanaan penyemprotan setiap jam 16.00 WIB sampai selesai. Biasanya kita tiap Jumat sore tapi ada permintaan yang digeser jadi Selasa, Rabu, Kamis," lanjutnya.

Mulyanto menyampaikan personel damkar yang dikerahkan untuk penyemprotan disinfektan sebanyak 150 orang.

"Kami mengerahkan 150 orang dibagi masing-masing lantai, semua gedung area yang ada di Balai Kota," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies mengumumkan dirinya positif Corona. Kabar itu juga disampaikan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta.

"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkonfirmasi bahwa dirinya dinyatakan positif terpapar virus COVID-19," demikian dikabarkan Pemprov DKI lewat situs PPID Jakarta.

Anies dinyatakan positif Corona setelah hasil tes swab-nya keluar dini hari tadi. Sebenarnya, Anies menjalani tes usap (swab test) antigen pada 29 November dengan hasil negatif.

Sehari setelahnya, Anies menjalani swab test PCR sebagai konfirmasi atas swab test antigen. Hasil swab test diterimanya pada dini hari dan hasilnya adalah positif COVID-19.

"Hasil tes PCR menyatakan bahwa saya positif COVID-19," kata Anies. (aud/aud)