Jokowi Soroti Banyak Anak Pakai Masker Kegedean, Minta Ada Masker Khusus

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 16:26 WIB
Sejumlah anak bermain layang-layang di kawasan Jakarta Barat. Anak-anak itu tampak mengenakan masker saat bermain layang-layang di lapangan terbuka.
Dua anak mengenakan masker. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti masker khusus untuk anak-anak. Menurut Jokowi, kata Muhadjir, masker anak-anak masih langka.

Mulanya Muhadjir menjelaskan persiapan pembukaan sekolah untuk belajar tatap muka tahun depan. Muhadjir menyebut protokol kesehatan harus diperketat.

"Kemarin pesan presiden harus disiapkan betul anak-anak, terutama dalam mematuhi standar protokol COVID, bahkan pihak sekolah bisa menjadi contoh baik, dan penerapan protokol kesehatan," ujar Muhadjir saat media visit di Gedung Transmedia, Jalan Kapten Tandean, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2020).

Kemudian Jokowi berpesan, kata Muhadjir, agar pihak sekolah menyiapkan masker untuk anak-anak. Sebab, masker anak-anak masih langka.

"Kemarin presiden pesan, sekolah-sekolah untuk SD dan TK, supaya betul-betul menyiapkan keamanan siswa terutama masker untuk anak, karena masker untuk anak ini masih langka," kata Muhadjir.

Lanjut Muhadjir, Jokowi mengkritik pembagian masker ke sejumlah sekolah. Pasalnya, tidak ada masker untuk anak-anak.

"Presiden mengkritik pembagian masker ini nggak ada yang anak-anak, sehingga anak-anak banyak yang memakai masker oversize, tentu saja ini harus mendapatkan perhatian," lanjutnya.

(isa/fjp)