Moeldoko soal Swab Habib Rizieq: Kalau untuk Tracing Perlu Dideklarasi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:34 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab sempat menjalani tes swab oleh MER-C dan MER-C merahasiakan hasil swab Habib Rizieq. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pentingnya mengumumkan hasil swab untuk keperluan pelacakan kontak.

"Dilihat kepentingannya ya. Kalau kepentingannya untuk tracing, ada sebuah situasi seseorang berada dalam sebuah lingkungan yang patut diwaspadai, patut menjadi atensi bersama, maka itu perlu dideklarasi karena akan melihat rentetannya, gitu," ujar Moeldoko kepada wartawan di Kantor Staf Presiden, gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2020).

Moeldoko membandingkan dengan Kabinet Indonesia Maju, yang rutin menggelar swab sebelum bertemu dengan Presiden Jokowi. Pelacakan kontak dilakukan bila salah satu dari pembantu Jokowi positif virus Corona.

"Kalau seperti kami-kami ini di kabinet, setiap ada kegiatan dengan Presiden, hampir setiap minggu kita swab. Kalau seandainya seseorang itu ternyata mendapatkan (hasil) positif (Corona), pasti akan tracing karena di lingkungan kita, maka lapornya kepada Menteri Kesehatan, kepada semua aparat yang terlibat dalam tracing akan dilibatkan. Jadi, kalau internal kita berada dalam lingkungan petugas kesehatan, secara otomatis akan bekerja untuk melakukan tracing," ujar Moeldoko.

Moeldoko pun menyinggung seseorang yang positif Corona tetapi masih kontak dengan orang sehat.

"Sekali lagi, semuanya itu untuk tujuan tracing dan ini terkait dengan tanggung jawab moral kepada siapa pun. Karena apa? Kalau tanggung jawab moral itu tidak ada, seseorang yang nyata-nyata memiliki status positif (Corona) dan dia sembrono, masih berkomunikasi dengan orang lain, maka itu akan membawa sebuah risiko bagi orang lain. Berarti, seseorang itu tidak punya tanggung jawab sosial," kata Moeldoko.


Berikutnya soal hasil swab Habib Rizieq yang dirahasiakan...

Selanjutnya
Halaman
1 2