Dipindah Fraksi PPP ke Komisi II, Istri Kepala Bappenas Tak Lagi Pimpinan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 15:23 WIB
Nurhayati Monoarfa (Dok Facebook Nurhayati Monoarfa)
Nurhayati Monoarfa (Dok Facebook Nurhayati Monoarfa)
Jakarta -

Struktur pimpinan komisi di DPR RI mengalami perubahan. Istri Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Nurhayati Monoarfa, pindah dari Komisi V ke Komisi II DPR RI.

Nurhayati Monoarfa merupakan anggota DPR dari Fraksi PPP. Dia awalnya menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR. Namun, saat ini Nurhayati dipindahkan menjadi anggota Komisi II DPR.

"Ya (pindah ke Komisi II). (Dari) Minggu kemarin," kata Nurhayati saat dimintai konfirmasi, Selasa (1/12/2020).

Posisi Nurhayati sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI masih tetap diisi oleh kader dari PPP. Adalah Arwani Thomafi yang menggantikan Nurhayati.

Arwani Thomafi sebelumnya merupakan Wakil Ketua Komisi II DPR. Nurhayati menyebut posisi Wakil Ketua Komisi II DPR RI saat ini juga tetap diisi anggota dari Fraksi PPP.

"(Pimpinan Komisi II dari PPP) Pak Syamsurizal," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Waketum PPP Arwani Thomafi membenarkan bahwa dirinya menggantikan Nurhayati di Komisi V DPR RI. Sebelumnya, Arwani menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI periode 2019-2024.

"Saya sudah nggak Komisi II ya. Saya ke Komisi V sekarang," kata Arwani.

Sebagai informasi Komisi V DPR RI merupakan alat kelengkapan dewan yang membidangi persoalan infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal dan transmigrasi, hingga meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Komisi V DPR bermitra dengan Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Desa-PDTT, Basarnas, hingga BMKG.

Sementara itu, Komisi II DPR RI merupakan alat kelengkapan dewan yang membidangi pemerintahan dalam negeri dan otonomi daerah, kepemiluan, aparatur negara dan reformasi birokrasi, hingga pertanahan dan reforma agraria. Komisi II DPR bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sekretariat Negara, KPU, Bawaslu, hingga BPIP.

(hel/zak)