Debat Ketiga Pilwalkot Makassar Tetap di Jakarta, Ini Penjelasan KPU

Ibnu Munsir - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 12:19 WIB
Debat kedua Pilwalkot Makassar (dok KPU Makassar)
Debat kedua Pilwalkot Makassar (Foto: dok. KPU Makassar)
Makassar -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar secara resmi menetapkan debat ketiga Pilwalkot Makassar tetap digelar di Jakarta. Keputusan ini berubah dari rencana KPU sebelumnya, yang mengagendakan debat ketiga dilaksanakan di Kota Makassar pada 4 Desember mendatang.

"Kita sudah melakukan rapat koordinasi, pertama, (polisi) sudah menyampaikan hasil kajiannya, kemudian menyampaikan rekomendasi agar (debat ketiga) di luar (Makassar). Ada beberapa poin pertimbangan," ujar komisioner KPU Makassar Divisi Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) Endang Sari kepada detikcom, Selasa (1/12/2020).

Endang mengungkapkan KPU Makassar telah beberapa kali melakukan koordinasi bersama kepolisian terkait Pilwalkot Makassar, khususnya terkait pelaksanaan debat. Pada rapat koordinasi sebelumnya, KPU berharap debat ketiga Pilwalkot Makassar masih memungkinkan dilaksanakan di Makassar.

"Waktu itu kami masih berharap bahwa kita masih akan melakukan rapat koordinasi lagi untuk mencari jalan tengahnya, pertimbangan kami juga, berat untuk meninggalkan Makassar," imbuhnya.

Namun, dalam rapat koordinasi terakhir, Kapolrestabes Makassar Kombes Witnu Urip Laksana merekomendasikan agar debat ketiga Pilwalkot Makassar dilaksanakan di luar Makassar. Alasan utamanya ialah pandemi COVID-19 dan keamanan.

"Kemarin itu kami kembali berkoordinasi dan bertemu dengan Pak Kapolrestabes Makassar, dan rekomendasi beliau masih sama, bahwa pertimbangan keamanan, pertimbangan COVID-19. Bahwa itu potensi kerumunan yang harus dihindari, dan hukum tertinggi mengatakan bahwa keselamatan di atas segala-galanya. Itu yang kemudian menyebabkan kami harus mengikuti rekomendasi tersebut," jelasnya.

"Karena, bagaimanapun, pihak keamanan adalah yang paling kompeten untuk berbicara soal keamanan dan juga soal keselamatan bagi semua pihak," lanjutnya.

Simak di halaman selanjutnya, alasan KPU memilih Jakarta sebagai lokasi debat ketiga>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2