Anies Klaim Kasus COVID DKI Melonjak Usai Warga Long Weekend ke Luar Kota

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 01 Des 2020 07:32 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan penuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk klarifikasi soal kerumunan di acara Habib Rizieq.
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Kasus baru positif virus Corona (COVID-19) bertambah signifikan akhir akhir ini. Terutama DKI Jakarta yang mengalami peningkatan cukup drastis.

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut ada kenaikan klaster keluarga pasca libur panjang kemarin. Usai masa libur panjang berakhir, Anies menyebut pihaknya langsung melakukan tracing atau penelusuran.

Ternyata, klaster keluarga yang muncul ini mereka yang berpergian ke luar kota. Anies menyebut mulai dari Bandung, Semarang hingga Lampung.

"Dan setelah kita lakukan pelacakan dan penelusuran mayoritas Keluarga ini bepergian ke Bandung, Semarang, Lampung dan beberapa tempat di Jawa Timur," kata Anies dalam rapat koodinasi virtual bersama Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhur Binsar Pandjaitan dalam keterangan tertulis di situs Kemenko Marves, Senin (30/11/2020).

Untuk itulah Anies berharap pemerintah pusat kembali meninjau ulang kebijakan libur panjang akhir tahun.

Diketahui, angka penularan virus corona sepekan terakhir membuat emosi seorang Joko Widodo (Jokowi) berkecamuk. Terlebih lonjakan kasus positif COVID-19 itu terjadi di wilayah padat yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

"Tugas kepala daerah melindungi keselamatan warganya dan juga sudah saya sampaikan, keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," kata Jokowi saat memberikan pengantar sebelum rapat terbatas seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/11/2020).

Secara nasional Jokowi menyoroti penambahan kasus COVID-19 yang mencapai rekornya pada Minggu (20/11) yaitu sejumlah 6.267. Angka itu menjadi rekor kasus harian COVID-19 tertinggi sejauh ini selama pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Saya ingin ingatkan bahwa ada 2 provinsi yang menurut saya perlu perhatian khusus karena peningkatan dalam minggu ini, dalam 2-3 hari ini peningkatannya sangat drastis sekali yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta agar dilihat betul-betul kenapa peningkatannya begitu sangat drastis, hati-hati," kata Jokowi.

Simak video 'Jokowi Soroti Peningkatan Kasus Corona & Kesembuhan: Semua Memburuk!':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana gambaran kasus COVID-19 di dua provinsi tersebut? simak berita selengkapnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2