Jelang 1 Desember Pasukan TNI-Polri di Timika Disiagakan Penuh

Saiman - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 18:18 WIB
TNI-Polri di Timika disiagakan jelang 1 Desember 2020 (Saiman/detikcom)
TNI-Polri di Timika disiagakan menjelang 1 Desember 2020. (Saiman/detikcom)
Timika -

Pasukan TNI-Polri di Timika, Papua, disiagakan penuh menjelang 1 Desember. Apel pasukan ini juga digelar menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2021.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, Dandim 1710 Mimika, dan para komandan kesatuan TNI se-Garnisun Mimika ikut dalam apel yang digelar di Lapangan Mapolres 32, Timika, Senin (30/11/2020).

Apel ini diikuti sedikitnya 500 personel gabungan TNI-Polri, Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan), dan Satgas Amole.

"Dalam rangka mengantisipasi gangguan keamanan pada 1 Desember kita juga laksanakan apel ini, juga Operasi Amole dan Pamrahwan kita sudah siap antisipasi terutama situasi Tembagapura," kata AKBP Era usai memimpin apel di Mapolres 32.

Era menambahkan status keamanan di Timika tidak Siaga 1. Namun ada peningkatan patroli dan razia yang dilakukan mulai malam ini.

"Siaga 1 tidak ya, tapi ada peningkatan patroli dan dilakukan gabungan," tambahnya.

TNI-Polri di Timika disiagakan jelang 1 Desember 2020 (Saiman/detikcom)Sedikitnya ada 500 personel TNI-Polri yang ikut dalam apel gabungan di Timika. (Saiman/detikcom)

Sementara itu, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengatakan pihaknya mengaku telah menyiapkan pasukan untuk pengamanan guna membantu Polri menjaga ketertiban dan pengamanan di Timika.

"Kami mem-back up penuh polisi guna menciptakan keamanan di Timika," kata Yoga.

TNI dan Polri berharap, memasuki bulan kasih ini, masyarakat di Mimika bisa menjalankan aktivitas dan ibadah dengan khusyuk dan dalam situasi yang aman.

Aparat meningkatkan keamanan menjelang 1 Desember karena diklaim sekelompok orang di Papua sebagai hari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM). Pada tahun sebelumnya, 1 Desember, sering dilakukan aksi-aksi pengibaran bendera Bintang Kejora.

(jbr/jbr)