Jejak Sadis Ali Kalora, Teroris di Sigi yang Diburu Satgas Tinombala

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 17:33 WIB
Sosok Ali Kalora yang diburu polisi
Ali Kalora (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Ali Kalora dan komplotannya kini diburu negara. Ali Kalora adalah teroris yang berada di balik pembunuhan di Sigi. Ketauhilah jejak sadis orang sadis ini.

Ali Kalora memimpin komplotan teroris yang menyebut dirinya Mujahidin Indonesia Timur (MIT), beroperasi di wilayah Sulawesi Tengah. Merekalah pelaku pembunuhan sadis di Dusun Lewonu, Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, 27 November lalu.

"Pemerintah telah memerintahkan aparat keamanan melalui Satgas Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku agar secepatnya dilakukan proses hukum yang tegas terhadap mereka," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md usai rapat di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Profil Ali Kalora

Sosoknya cukup misterius. Berdasarkan penelusuran detikcom, belum ada sumber tepercaya yang mencantumkan tanggal lahir pria ini. Namun yang jelas, dia lahir di Kalora.

Sekelumit informasi pribadi soal Ali Kalora diketahui lewat lembaran Daftar Terduga Teroris dan Organisasi Teroris Nomor DTTOT/P-4a/1247/VIII/2017, dari Polri, ditandatangani Kepala Densus 88 Irjen Muhamad Syafii pada 22 Agustus 2017. Di situ tertera nama asli Ali Kalora sebagai berikut:

Nama: Ali Ahmad
Nama alias: Ali Ahmad Kalora alias Ali Kalora
Tempat tanggal lahir: Desa Kalora Poso Pesisir Utara, Poso, Sulawesi Tengah
Kewarganegaraan: Indonesia
Alamat: Sulawesi Tengah

Nama 'Kalora' ternyata diambilkan dari nama desa tempat dia lahir. Nama aslinya adalah Ali Ahmad.

Ali Kalora sudah buron (DPO) sejak 27 Desember 2012. Namanya sebagai pemimpin komplotan MIT mencuat lantaran pemimpin sebelumnya, yakni Santoso alias Abu Wardah, tewas ditembak aparat.

Sosok Ali Kalora yang diburu polisiSosok Ali Kalora yang diburu polisi. (Foto: Dok. Istimewa)

Simak video 'Jokowi Kutuk Penyerangan Biadab di Sigi':

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya, istri Ali Kalora:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3