Kapolri Tak Hadir, Panglima TNI Sampaikan soal Pengejaran Ali Kalora Cs

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Nov 2020 13:12 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Azis tidak hadir dalam rapat pemerintah mengenai penanganan aksi terorisme pembunuhan di Sigi, Sulawesi Tengah. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto maju ke mimbar, menyampaikan soal langkah pengejaran pelaku teror Sigi, Ali Kalora Cs.

Rapat menyikapi teror pembunuhan di Dusu Palolo, Sigi, Sulawesi Tengah itu digelar di Kantor Kemenko Polhukam, Senin (30/11/2020).

Hadir dalam rapat, Menko Polhukam Mahfud Md, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan unsur lainnya termasuk Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Intelijen Negara (BIN), Kepala Densus 88, hingga unsur Polri yang diwakili Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Irjen Argo Yuwono. Kapolri Jenderal Idham Azis tidak ikut rapat.

"Seharusnya operasi ini Mabes Polri, tapi Bapak Kapolri-nya tidak hadir, maka bapak Panglima TNI nanti akan menyampaikan bagaimana penanganan di lapangan," kata Mahfud Md dalam jumpa pers di kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Dia menyampaikan, pelaku pembunuhan di Sigi adalah kelompok Ali Kalora Cs dari Majelis Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Ini bukan kelompok keagamaan, melainkan kelompok kejahatan. Aparat Indonesia akan mengejar Ali Kalora Cs.

"Pemerintah telah memerintahkan aparat keamanan melalui Satgas Operasi Tinombala, Satgas Operasi Tinombala untuk melakukan pengejaran dan pengepungan terhadap para pelaku agar secepatnya dilakukan proses hukum yang tegas terhadap mereka," kata Mahfud.

Selanjutnya, Panglima TNI maju memberi penjelasan:

Selanjutnya
Halaman
1 2