Gelora Dukung Benyamin-Pilar: Tangsel Layak Jadi Kota Taraf Internasional

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 16:00 WIB
Anies Matta di Bali (Dita-detikcom)
Foto: Anis Matta (Dita-detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta mengapresiasi pembangunan Kota Tangerang Selatan. Kota termuda di Provinsi Banten ini dinilai sudah cukup memenuhi kategori sebagai kota bertaraf Internasional.

Dalam sambutannya di acara Konsolidasi Pemenangan Benyamin-Pilar, DPD Partai Gelora Indonesia Kota Tangsel yang digelar di Hotel Marilyn Serpong, Sabtu (28/11/2020), Anis Matta menyampaikan Kota Tangerang Selatan semenjak diresmikan pada 26 November 2008, memiliki tahap perencanaan pembangunan yang baik. Hasil dari pembangunan yang selama ini dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan di bawah kepemimpinan Airin Rachmi Diany dan wakilnya, Benyamin Davnie, disebut merupakan wujud bukti nyata dari upaya pemerintah dalam mewujudkan kebutuhan dasar masyarakat Kota Tangerang Selatan di bidang kesehatan, pendidikan serta infrastruktur.

"Butuh upaya dan komitmen yang kuat dalam membangun sebuah kota. Pekerjaan membangun sebuah kota baru bukanlah hal yang mudah. Apalagi, pemerintah kota Tangerang Selatan mengusung konsep Smart City dalam pencanangan pembangunannya," ujar Anis.

Kriteria dalam membangun konsep Smart City harus meliputi beberapa hal, di antaranya soal pertumbuhan ekonomi yang baik, memiliki infrastruktur yang terkonektivitas demi menunjang mobilitas masyarakatnya serta lingkungan hidup dan jaminan kesehatan yang memadai, termasuk juga soal akses dan pendidikan yang cakap.

Tangerang Selatan lanjut Anis, telah memiliki kriteria tersebut. Anis menyebut, dikutip dari BPS (Badan Pusat Statistik) Tangsel, pertumbuhan ekonomi Tangsel sudah di angka 7,2 persen tertinggi di Indonesia dan di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional di kisaran angka 5 persen. Sedangkan inflasi sekitar 2,8 persen. Tercatat sepanjang 2019 lalu, PAD Tangsel mencapai angka 1,3 triliun.

Menurut Anis, Tangerang Selatan telah memenuhi unsur-unsur Smart City yang mesti terpenuhi, yaitu Smart Government, Smart Economy, Smart Live, Smart Living, Smart People, dan Smart Mobility yang bisa membantu solusi kendala perkotaan dan memberikan manfaat bagi pemerintah dan masyarakat yakni peningkatan kualitas hidup seperti efisiensi dan efektivitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, pengurangan kongesti bagi pengguna jalan, transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, transaksi nontunai, manajemen limbah, mengurangi polusi dan emisi gas buang, energi, keamanan, data dan informasi.

"Pengurusan dokumen di Kota Tangerang selatan sudah online, ini sangat membantu masyarakat. Pengurusan dokumen tidak lagi berlarut-larut dan memakan waktu panjang. Dari segi kesehatan juga demikian, cukup menunjukkan KTP, masyarakat Tangerang Selatan mendapatkan pelayanan kesehatan. Infrastrukturnya juga sudah terkoneksi dan memudahkan mobilitas masyarakat. Terkait dengan pendidikan, di Kota Tangerang selatan sudah tidak lagi dipungut biaya," jelasnya.

Maka dengan kondisi tersebut, Kota Tangerang Selatan disebut sangat layak menjadi kota bertaraf Internasional. Karena itu, Partai Gelora Indonesia akan mendukung keberlanjutan pembangunan kota Tangerang Selatan yang lebih baik dan menjadikan kota ini sebagai rumah kita bersama.

"Masyarakat Kota Tangerang Selatan, butuh kepemimpinan yang dapat melanjutkan pembangunan demi masa depan yang lebih baik. Maka dalam pilwakot ini, Partai Gelora Indonesia akan all out mendukung serta memenangkan pasangan calon wali kota Benyamin Davnie dan wakil wali kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan, yang dikenal sebagai pasangan calon berpengalaman dan professional," pungkasnya.

(gbr/gbr)