Round-Up

Apresiasi dan Komitmen Pemerintah ke Guru di Masa Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 29 Nov 2020 07:59 WIB
Guru SD di Pacitan Datangi Rumah Siswa untuk Mengajar Saat Pandemi COVID-19
Foto: Ilustrasi guru SD mengajar para muridnya saat pandemi COVID-19 (Purwo Sumodiharjo)
Jakarta -

Pemerintah memberikan apresiasi dan komitmen kepada para guru di HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional. Terlebih saat ini masih dalam masa pandemi virus Corona (COVID-19).

"Perayaan di tengah pandemi momen penting bagi kita semua. Sudah banyak yang kita capai namun masih banyak yang harus kita lakukan bersama, bergotong royong bahu-membahu," kata Mendikbud Nadiem Makarim dalam puncak peringatan HUT ke-75 PGRI dan Hari Guru Nasional yang disiarkan kanal YouTube PB PGRI, Sabtu (28/11/2020).

Ada beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendukung guru. Nadiem mencontohkan bantuan kuota data internet hingga subsidi upah kepada 2 juta pendidik dan tenaga pendidik honorer atau non-PND.

"Kami berusaha sungguh-sungguh agar pembelajaran tak terhenti dan ekonomi guru terlindungi. Kami upayakan para guru di seluruh Indonesia dapat memberikan pembelajaran terbaik dan menyenangkan untuk generasi penerus bangsa," ujar Nadiem.

Ada pula rencana seleksi guru honorer untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021. Kebijakan ini telah dibahas bersama Wakil Presiden, Menteri Keuangan, KemenPAN-RB, Kemendagri, dan BKN pada Selasa (23/11).

"Ini bentuk komitmen pemerintah untuk memperjuangkan hak guru dan menyelesaikan permasalahan guru honor secara bertahap," jelasnya.

Nadiem membeberkan beberapa kebijakan dan terobosan yang sudah dilakukan antara lain:
1. Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
2. Penggantian UN menjadi assesment nasional.
3. Ketentuan pembayaran guru honorer maksimal 50 persen dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
4. Program guru penggerak
5. Program guru belajar
6. Laman guru berbagi
7. Seri webinar berbagi

"Saya mengajak Ibu-Bapak untuk meneruskan silaturahmi agar lebih produktif. Mari terus gotong royong saling mendukung dan saling berbagi demi memberikan pembelajaran yang memerdekakan pemikiran dan potensi anak Indonesia," ungkapnya.

Tonton video 'Peringati Hari Guru 2020, Jokowi Apresiasi Perjuangan di Masa Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para guru. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2