Cengkareng Timur Dipilih Jadi 'Kampung Tangguh COVID' Pertama di Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 13:59 WIB
Cengkareng Timur dipilih sebagai pilot project Kampung Tangguh COVID-19
Kapolres Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru. (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkerang, Jakarta Barat, menjadi pilot project 'Kampung Tangguh COVID-19'. Cengkareng Timur dipilih untuk dijadikan 'Kampung Tangguh' karena angka COVID-19 di wilayah tersebut termasuk tinggi.

"Kami me-ranking di mana paling banyak tertular COVID, baik yang tertular maupun sakit maupun meninggal. Jadi kita me-ranking wilayah Jakarta Barat ini yang tertinggi adalah Cengkareng Timur," ujar Kombes Pol Audie S. Latuheru selaku Kapolres Metro Jakarta Barat kepada wartawan, Sabtu (28/11/2020).

Audie mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan Dandim, Babinsa, dan Babinkantibmas untuk mempersiapkan 'Kampung Tangguh' di rumah susun di Cengkareng Timur. Pihak kepolisian dan TNI telah menyiapkan perangkat untuk membangun 'Kampung Tangguh' di Cengkareng Timur.

"Perangkatnya sudah kita siapkan semua bagaimana masuknya, bagaimana simulasi bila terjadi sesuatu, bagaimana antisipasi masalah ekonominya. Itu sudah kita siapkan," lanjutnya.

Selain Cengkareng Timur, ada 2 wilayah lainnya di Jakarta Barat yang disiapkan untuk program 'Kampung Tangguh', yakni Kebon Jeruk dan Tanjung Duren.

"Sementara nanti di Cengkareng Timur, itu ada rumah susun, kemudian di Kebon Jeruk nanti akan kita ranking, sama satu lagi Tanjung Duren. Yang di Tanjung Duren tapi sudah mau ada pemulihan," katanya.

Lebih lanjut, Audie mengatakan, pihaknya bersama TNI akan melaksanakan pengawasan secara door to door, salah satunya untuk mendata siapa saja yang terpapar COVID-19.

"Karena nanti kita sistemnya nanti door to door, ngecek langsung siapa yang tertular di kampung itu. Kemudian tentunya kita akan mengatur dan mengawasi untuk pelaksanaan protokol COVID di 'Kampung Tangguh' tersebut," imbuh Audie.

Sementara itu, Dandim Jakarta Barat Kolonel Inf. Dadang Ismail Marzuki menambahkan pengawasan tidak hanya dilakukan di rumah-rumah penduduk, tetapi juga di pabrik dan pasar.

"Kita akan melaksanakan di tempat ke pabrik dan juga pasar, agar bisa meminimalisir terjadinya perkembangan COVID di wilayah Jakarta yang khususnya menjadi project kami di Cengkareng," kata Dadang.

Apa itu Kampung Tangguh? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2