Round-Up

Kiprah UAS saat Pilkada di Tanah Sumatera

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 28 Nov 2020 07:20 WIB
Ustaz Abdul Somad
Foto: Ustaz Abdul Somad (Instagram)
Jakarta -

Ustadz Abdul Somad (UAS) mulai berkiprah di dunia politik dengan menjadi tim sukses pasangan calon (Paslon) kepala daerah. Dia masuk dalam tim kampanye beberapa paslon di Sumatera.

UAS jadi tim kampanye paslon bupati dan wakil bupati Rokan Hulu Hafit Syukri-Erizal. Secara legal, nama UAS tertera dalam surat keputusan (SK) Tim Kampanye Koalisi Rakyat Bersatu nomor: 01/SK/H-E/IX/2020. UAS memang tak menjadi ketua tim kampanye.

"Ya (UAS masuk tim kampanye Hafit-Erizal), tapi bukan ketua tim kampanye, hanya tim. Kami terima SK sebagai tim kampanye (Hafit-Erizal)," ucap Ketua KPU Rokan Hulu, Elfendri, saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (27/11/2020).

UAS tercatat sebagai tim kampanye pusat. Ada tokoh lain yang terdaftar menjadi tim kampanye pusat di bawah nama UAS, antara lain A Muhamin Iskandar, Hasanudin Wahid, Ida Fauziyah, hingga Jon Erizal.

"SK-nya sudah ada, berarti sudah berhak jadi jurkam," kata Elfendri.

Selain Rokan Hulu, UAS juga dikabarkan menjadi jurkam paslon pilkada lain di Riau. Dilihat dari video beredar yang diterima detikcom saat UAS memberi penjelasan alasan mendukung paslon pada Pilkada Pelalawan.

"Saya Abdul Somad, mendukung Haji Sukemi-Rais. Bapak Haji Sukemi dan Bang Rais, begitu sebetulnya bunyinya, nomor 4. Saya mendukung karena ada 2 hal," tegas UAS dalam video yang beredar.

Adapun pertimbangan UAS mendukung paslon tersebut, pertama, paslon mengusung konsep peningkatan SDM di Pelalawan. Selanjutnya konsep agamis yang dinilai tak bisa dipisahkan di Tanah Melayu.

"Tidak hanya sekedar SDM, tetapi agamis. Kita tahu Melayu tak bisa dipisahkan dari Islam. Kabupaten Pelalawan diambil dari nama kerajaan Melayu Islam," katanya.

"Saya memilih mereka karena saya punya hubungan dekat secara personal. Saya kenal pribadi mereka dengan baik. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan ini untuk mencari kebaikan masyarakat Pelalawan dan keridoan Allah SWT," tutup UAS.

Selanjutnya
Halaman
1 2