Bupati Pohuwato Kaget 7 Terduga Teroris Ditangkap: Daerah Kita Heterogen

Ajis Khalid - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 22:05 WIB
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga
Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga (Foto: dok. Istimewa)
Gorontalo -

Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga mengaku kaget dengan penangkapan 7 terduga teroris di wilayahnya. Syarif menyebut Pohuwato wilayah yang dari segi keamanan terbilang kondusif dan masyarakatnya heterogen.

"Peristiwa tadi adalah suatu peristiwa mengagetkan saya dan tentu mengagetkan kita semua. Bahwa selama ini daerah kita terkenal sebagai daerah yang biasa terjaga kondusivitas, terjaga keharmonisan, kehidupan masyarakatnya harmonisasi hubungan antar umat beragama, daerah kita lebih heterogen. Mari kita ambil satu hikmah yang baik," kata Syarif pada Jumat (27/11/2020).

Syarif meminta masyarakat tenang. Dia juga meminta warga percaya kepada aparat untuk urusan pemberantasan terorisme.

"Saya mengajak semua masyarakat untuk tetap tenang, dan kita berikan kepercayaan kepada pihak yang berwajib. Dan saya pun sedang berkoordinasi untuk mendalami terkait dengan peristiwa penangkapan yang diduga ya, adanya teror, jaringan terorisme," ucap Syarif.

"Maka, mari kita sikapi ini dengan tenang, tidak harus menimbulkan rasa kuatir ataupun respons yang berlebihan. Apalagi daerah kita sedang menyongsong kesiapan agenda pilkada yang sudah di depan mata," ungkap Syarif.

Sebelumnya, Polda Gorontalo membenarkan soal penangkapan sejumlah terduga teroris di Pohuwato, yang terjadi hari ini. Penangkapan dilakukan Densus 88 Antiteror Polri.

"Benar, ada 7 orang yang diamankan oleh Densus," ucap Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Wahyu Tri Cahyono.

(aud/aud)