Beredar Foto Kapolda dan Cabup Halsel, Polda Malut Beri Penjelasan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 15:08 WIB
Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rojikan
Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rojikan. (Foto: dok Polda Malut)
Jakarta -

Foto Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Risyapudin Nursin dengan calon Bupati (cabup) Halmahera Selatan (Halsel) Usman Sidik beredar. Polda Malut menjelaskan foto yang tersebar tersebut merupakan foto lama.

"Foto yang beredar saat cabup Halsel Usman Sidik bersama Kapolda Malut Irhen Risyapudin tersebut merupakan foto lama saat beliau masih menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri pada Februari 2020," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Jumat (27/11/2020), seperti dilansir Antara.

AKBP Adip membenarkan soal beredarnya foto Usman Sidik dengan Irjen Risyapudin. Namun dia menegaskan foto tersebut merupakan foto lama yang di-posting ulang.

Dia mengatakan foto tersebut diambil setelah pelaksanaan serah-terima jabatan Kakorbinmas Baharkam Polri. Tapi foto lama itu di-posting kembali pada 18 November 2020 melalui grup WhatsApp (WA).

"Pengurus Besar Ikatan Keluarga Besar (PB IKB) Waigintang yang dikirim oleh Yusuf yang merupakan rekan dari Usman Sidik yang diketahui foto tersebut diambil dari akun Usman Sidik," ujarnya.

Dia menegaskan netralitas merupakan harga mati bagi anggota Polri. Sebab, hal tersebut telah disampaikan Kapolri Jenderal Idham Azis saat pimpin pelaksanaan Serah terima jabatan delapan Kapolda lalu.

"Untuk personel Polri dan Polda Maluku Utara dengan tegas menyatakan netralitas dalam pengamanan pilkada merupakan harga mati," ujarnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk memastikan kebenaran sebelum menyebarkan sebuah informasi. Sehingga tidak menciptakan opini negatif yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas di Malut, khususnya jelang pelaksanaan Pilkada 2020.

(jbr/idh)