Sandiaga Uno dan Fadli Zon Dinilai Berpeluang Gantikan Edhy Prabowo

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 27 Nov 2020 08:23 WIB
Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari.
Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom
Jakarta -

Edhy Prabowo menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah terjerat kasus dugaan suap ekspor benih lobster. Sosok-sosok yang dinilai berpeluang menggantikan Edhy Prabowo adalah Sandiaga Uno dan Fadli Zon.

"Jadi tentunya yang paling berpeluang adalah dari tokoh Gerindra. Dilihat dari latar belakang kelima nama elite Partai Gerindra, yang berpeluang masuk menggantikan Edhy Prabowo sebetulnya ada dua nama, Sandiaga Uno dan Fadli Zon," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dalam keterangannya, Jumat (27/11/2020).

Menurut Qodari, pengganti Edhy harus memiliki dua kriteria, yakni memiliki jabatan yang tinggi di partai dan dekat dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Qodari menyebut Sandiaga Uno memiliki dua kriteria itu.

Diketahui, Sandiaga merupakan pasangan Prabowo dalam kontestasi Pilpres 2019, sehingga Sandiaga dianggap memiliki kedekatan dengan Prabowo.

"Kemungkinan Sandiaga Uno untuk menjadi menteri, sangat menarik karena apa, karena Sandiaga Uno itu calon wakil presiden dari Prabowo. Jadi, kalau dia masuk, wah komplet ini rekonsiliasi politik. Dan di sisi yang lain, dengan masuknya Sandiaga Uno, harusnya peluang kinerja yang lebih bagus juga akan terjadi," beber Qodari.

Qodari menilai Sandiaga Uno tidak akan mengulangi hal buruk yang dilakukan oleh Edhy Prabowo. Qodari beralasan kemampuan finansial Sandiaga cukup stabil. Selain itu, ia menyebut Kementerian Kelautan dan Perikanan harus memiliki sosok pemimpin yang mampu memperbaiki citra yang telanjur dibuat buruk oleh Edhy karena persoalan suap.

"Jadi menteri pengganti Edhy Prabowo harus jauh lebih bagus, karena harus menutup citra yang jelek dari yang ditimbulkan Edhy Prabowo dan saya melihat potensi itu ada di Sandiaga Uno," Tutur Qodari.

Tonton video 'Diperiksa KPK, Edhy Prabowo: Saya Ikuti Prosesnya':

[Gambas:Video 20detik]



Kemudian, ada nama Fadli Zon yang dianggap Qodari bisa masuk bursa sebagai calon pengganti Edhy. Simak di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2