Satgas soal Libur Panjang Akhir Tahun: Pemerintah Utamakan Keselamatan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 17:55 WIB
Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: Satgas Penanganan COVID-19
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan pemerintah masih mengkaji terkait pemangkasan cuti bersama akhir tahun 2020. Satgas mengatakan apapun keputusan pemerintah nantinya akan tetap mementingkan keselamatan masyarakat.

"Saat ini pemerintah masih mengkaji keputusan yang akan diambil terkait keputusan libur panjang akhir tahun ini. Masyarakat perlu tahu apapun keputusan yang diambil pemerintah akan mengutamakan keselamatan masyarakat Indonesia di tengah pandemi COVID-19," kata Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (26/11/2020).

Wiku mengaku pihaknya memahami keluhan masyarakat khususnya pelaku usaha di sektor pariwisata. Namun, ia mengatakan pemerintah akan berusaha mengeluarkan kebijakan yang bisa meminimalisir peningkatan kasus agar sektor pariwisata tidak semakin buruk.

"Satgas memahami pelaku usaha sektor pariwisata di masa pandemi mendekati akhir tahun, namun demikian perlu diketahui peningkatan kasus positif yang tidak terkendali juga dapat berdampak pada sektor pariwisata. Karena itu pemerintah akan meminimalisir peningkatan kasus positif. Kebijakan yang akan diambil tertentu sudah mempertimbangkan berbagai dampak terutama sektor pariwisata agar kondisi aman dan betul-betul dapat terjaga meski kita akan melewati libur akhir tahun ini," ujarnya.

Selain itu, Ia juga meminta masyarakat tetap waspada dan belajar dari pengalaman. Sebab, Wiku menyebut selama libur panjang tahun ini kasus Corona di Indonesia selalu mengalami peningkatan.

"Karena kita tidak boleh lengah, masyarakat harus belajar dari pengalaman sebelumnya seperti pada periode liburan Idul Fitri, hari kemerdekaan Indonesia dan libur akhir November awal Oktober. Data yang kami peroleh ada peningkatan pasca libur panjang tersebut," tuturnya.

(ibh/imk)