Belum Juga Panggil Habib Rizieq soal Kerumunan, Ini Alasan Polri

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 16:52 WIB
Karopenmas Divis Humas Polri Brigjen Awi Setiyono
Foto: Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono (dok Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Polri belum memanggil Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan di Petamburan, Tebet hingga Megamendung. Ditanya alasan tak kunjung mengundang Habib Rizieq, Polri menyebut karena mereka mengedepankan profesionalisme.

"Alasannya adalah profesionalisme," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020).

Namun Awi tak menjelaskan lebih lanjut kaitannya mengedepankan sikap profesional dengan tak kunjung memanggil Habib Rizieq. Awi kemudian meminta semua pihak sabar menunggu langkah Polri selanjutnya.

"Kalau memang benang merahnya ke sana (Habib Rizieq), pasti akan dipanggil. Tenang saja, sabar saja," tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Polri belum dapat memastikan jadwal pemanggilan Habib Rizieq Syihab. Ketika ditanya soal rencana pemanggilan, Polri hanya menjawab hal tersebut kewenangan penyidik.

"Terkait dengan rencana pemanggilan HRS, itu seluruhnya adalah kewenangan penyidik. Siapa yang akan dilaksanakan klarifikasi, dimintai keterangannya tentunya semuanya adalah kewenangan penyidik," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (23/11).

Sementara itu, Polri batal melakukan ekspose atau gelar perkara dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) peringatan Maulid Nabi dan pernikahan anak Habib Rizieq hari ini. Ditundanya gelar perkara itu karena masih ada beberapa hal yang perlu digali oleh penyidik.

"Untuk saat ini, terkait gelar perkara memang belum dilaksanakan, baik itu di PMJ maupun di Polda Jabar, karena memang ternyata dalam proses penyelidikan ini ada perlu hal-hal yang mesti digali," kata Awi.

Simak video 'Polda Metro Kembali Testing-Tracing Corona di Petamburan':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)