Komisi II DPR Rapat Kerja dengan Mendagri-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada 2020

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 13:54 WIB
Komisi II DPR Rapat Kerja dengan Mendagri-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada 2020
Komisi II DPR Rapat Kerja dengan Mendagri-KPU Bahas Data Pemilih Pilkada 2020 (Foto: Matius Alfons/detikcom )
Jakarta -

Komisi II DPR RI melaksanakan rapat kerja bersama Kementerian Dalam Negeri hingga KPU RI pada hari ini. Rapat kerja hari ini akan membahas seputar data pemilih hingga data kependudukan dalam Pilkada 2020.

Rapat kerja hari ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung di Ruang Rapat Komisi II gedung DPR, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020), pukul 13.30 WIB. Hadir dalam rapat itu Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, beserta jajaran.

Ahmad mengatakan rapat diagendakan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. Ada sejumlah hal yang akan dibahas pada rapat kerja hari ini berkaitan dengan Pilkada 2020.

"Atas kehadiran Saudara Mendagri, Ketua KPU, Ketua Bawaslu untuk memenuhi undangan kami secara fisik, dan saya ingin minta persetujuan ke kita bahwa agenda kita saat ini tunggal kelanjutan rapat sebelumnya yang kita tunda, adalah tentang masalah data kependudukan dan data pemilih Pilkada Serentak 2020," ucap Ahmad.

Ahmad mengatakan Pilkada 2020 tersisa 2 minggu lagi. Menurutnya, data kependudukan merupakan satu hal yang penting untuk dibahas.

"Pilkada Serentak 2020, hari pencoblosan kurang 2 minggu lagi, 9 Desember tidak lama lagi. Kita sudah persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, dan sudah berbagai tahapan kita lalui, kita tinggal masuk tahap akhir dan ini yang paling penting," ujarnya.

Ahmad mengatakan rapat pada hari ini sudah memenuhi jumlah anggota rapat baik secara fisik dan virtual. Maka dari itu, kata dia, rapat dinyatakan kuorum.

"Rapat ini saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," imbuhnya.

Simak juga video 'Jokowi Minta Mendagri-Kapolri Beri Penanganan Khusus Pilkada 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(maa/ibh)