Buntut KPK OTT Edhy Prabowo, Pencarian Harun Masiku Dipertanyakan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 12:54 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.
Edhy Prabowo Ditahan KPK (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

KPK menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap ekspor benur. Edhy dijerat KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu malam.

Namun OTT KPK terhadap Edhy itu justru memunculkan pertanyaan soal keberadaan buron eks caleg PDIP, Harun Masiku. Kerja KPK dalam menangkap Edhy Prabowo itu diharapkan menular pada upaya pencarian Harun Masiku.

"Kerja KPK kemarin memunculkan harapan sekaligus pertanyaan tentang Harun Masiku. Saya kira hal ini wajar, apa pun tone pertanyaan tersebut. Tinggal KPK buktikan serius mencari. Bukan asal-asalan," cuit eks jubir KPK, Febri Diansyah, melalui Akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Kamis (26/11/2020).

Febri menyarankan agar tim yang bekerja menangkap Nurhadi dan OTT Edhy Prabowo dilibatkan dalam pencarian Harun Masiku. Ia kemudian menyinggung soal polemik yang terjadi di lingkup internal KPK terkait tim pencarian Harun Masiku.

"Dulu sempat ada polemik penggantian tim penyidik yang OTT Harun Masiku. Bahkan salah satu penyidik KPK, Kompol Rossa, yang turun ke lapangan sempat dikembalikan ke Polri. Sayangnya Dewan Pengawas tidak bisa bertindak untuk evaluasi proses pengembalian saat itu," tuturnya.

Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka bersama 6 orang lainnya. Berikut ini datanya:

Sebagai penerima:
1. Edhy Prabowo (EP) sebagai Menteri KKP;
2. Safri (SAF) sebagai Stafsus Menteri KKP;
3. Andreau Pribadi Misanta (APM) sebagai Stafsus Menteri KKP;
4. Siswadi (SWD) sebagai Pengurus PT Aero Citra Kargo (PT ACK);
5. Ainul Faqih (AF) sebagai Staf istri Menteri KKP; dan
6. Amiril Mukminin (AM)

Sebagai pemberi:
7. Suharjito (SJT) sebagai Direktur PT Dua Putra Perkasa (PT DPP).

Simak penjelasan soal perkara Edhy di halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2