Suka Pamer Seragam di Medsos, Perwira Gadungan di Makassar Ditangkap

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 11:10 WIB
Marjuki ditangkap karena jadi polisi gadungan.
Marjuki ditangkap karena jadi polisi gadungan. (Foto: dok. Polres Pelabuhan Makassar)
Makassar -

Marjuki (44) ditangkap polisi lantaran menjadi perwira polisi gadungan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Marjuki kerap memamerkan diri berseragam Polri dengan pangkat AKP di media sosial (medsos).

"Yang bersangkutan sudah kita amankan," kata Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP M Kadarislam saat dimintai konfirmasi, Kamis (26/11/2020).

Marjuki diringkus polisi di Jalan Sangir Nomor 14, Makassar, Selasa (24/11). Seragam Polri atas nama Marjuki juga disita.

Menurut Kadarislam, pelaku awalnya terpantau masyarakat sering mem-posting foto-foto dirinya mengenakan seragam Polri. Merasa curiga, salah seorang warga melapor ke polisi.

"Ada warga yang melaporkan bahwa ada seorang pria menggunakan seragam lengkap Polri, Polairud Polres Pelabuhan berpangkat AKP," tutur Kadarislam.

Marjuki ditangkap karena jadi polisi gadungan.Marjuki ditangkap karena jadi polisi gadungan. (Foto: dok. Polres Pelabuhan Makassar)

Selain seragam Polri, polisi juga menemukan sejumlah posting-an video karaoke berisi pelaku berseragam Polri di media sosial. Terkait posting-an itu, pelaku disebut sengaja memamerkan biar terlihat gagah.

"Motifnya ingin dilihat gagah sehingga dia mem-posting gambar-gambar yang mengenakan seragam Polri di media sosial," katanya.

Marjuki belum dijerat pidana atas perilakunya. Polisi beralasan belum ada pihak yang dirugikan.

"Untuk sejauh ini belum ada yang dirugikan, tapi dari mana pelaku memperoleh seragam (Polri), akan dilakukan pengembangan," pungkas Kadarislam.

(idh/idh)