Ngabalin: Edhy Prabowo Izin ke Moeldoko-Pratikno Ajak Saya ke AS

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 26 Nov 2020 08:38 WIB
Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin (Noval/detikcom)
Jakarta -

Ali Mochtar Ngabalin mengaku diajak Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ke Amerika Serikat (AS) dalam kapasitasnya sebagai pembina di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ngabalin tak berangkat mengatasnamakan jabatannya sebagai Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP).

"Beliau (Edhy) mengajak Bang Ali selaku pembina, pemangku kepentingan dan kebijakan publik kantor KKP. Kantor KKP (bukan KSP)," kata Ngabalin saat dihubungi, Rabu (25/11/2020) malam.

Menurut Ngabalin, tugasnya sebagai pembina di KKP resmi berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri. Ngabalin mengatakan bertugas membantu Edhy membangun komunikasi dengan nelayan.

"Itu kan diangkat dan diberhentikan oleh Menteri. Salah satu tugas Menteri Edhy Prabowo itu membangun komunikasi dengan nelayan, memperbaiki komunikasi dengan nelayan, itu salah satu tugas yang ditugaskan oleh Bapak Presiden. Maka beliau membuat satu komunitas yang diharapkan bisa menjadi penghubung, mediator, memediasi kepentingan-kepentingan nelayan dengan kepentingan pejabat pembuat kebijakan," jelas Ngabalin.

"Itu SK Menteri KKP, Bang Ali pembinanya. Iya resmi, itu berdasarkan keputusan Menteri," lanjut dia.

Ngabalin mengatakan sudah meminta izin kepada Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, terkait keberangkatannya ke AS bersama Menteri Edhy Prabowo. Edhy, kata dia, juga sudah melaporkan kunjungannya ke AS kepada Mensesneg Praktikno.

"Sebagai Menteri pasti kan beliau memberi kabar. Yang pasti saya tahu bahwa beliau telah melaporkan itu kepada Pak Sesneg. Bang Ali sendiri sudah lapor perjalanannya, diajak, Pak Menteri (Edhy) juga minta izin ke Pak Sesneg, minta izin juga ke Kepala Staf terkait dengan mengajak Bang Ali dalam kapasitas sebagai pembina pemangku kepentingan dan konsultasi publik," ujarnya.

Simak video 'Jadi Tersangka KPK, Edhy Prabowo Minta Maaf ke Jokowi-Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



Bagaimana cerita Ngabalin ikut dalam rombongan Edhy Prabowo tapi tak diperiksa KPK? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2