Sidang Kasus Suap Pinangki

Cerita Anita Kolopaking Awal Mula Dikenalkan Pinangki ke Djoko Tjandra

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:49 WIB
Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Mantan Pengacara Djoko Tjandra, Anita Kolopaking (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Mantan pengacara Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra, Anita Dewi Anggraeni Kolopaking menceritakan awal mula bertemu dan mengenal Djoko Tjandra. Anita mengaku pertama kali bertemu dan dikenalkan Djoko Tjandra itu oleh Pinangki Sirna Malasari.

Hal itu diungkapkan Anita dalam sidang lanjutan Pinangki terkait kasus fatwa Mahkamah Agung (MA) Djoko Tjandra di PN Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (25/11/2020). Anita mengaku pertemuan itu pertama kali digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 19 November 2019.

"Waktu itu menurut terdakwa Pinangki, bahwa Pak Djoko Tjandra cari lawyer, saya dikenalkan,. Adapun apa maksudnya saya ketemu saja sama Pak Djoko, nanti baru tanya apa kepentingannya," kata Anita.

Anita mengungkapkan dia datang ke Malaysia bersama Rahmat, Pinangki, menggunakan pesawat. Sesampainya di Bandara Kuala Lumpur, dia langsung dijemput oleh sopir Djoko Tjandra. Dan di Kuala Lumpur, Pinangki memperkenalkan Anita kepada Djoko Tjandra.

"Pinangki yang kenalkan (Djoko Tjandra) ke saya, karena Pak Djoko minta, setelah kenalan dia bicara kekecewaan dia. Dia sedih lama proses hukum berkepanjangan lalu pembicaraan itu mengarah gimana proses hukum. Saya sudah kasih alternatif Bapak, lakukan tanya status hukum atau PK, kalau Bapak mau tanya status hukum, boleh-boleh saja nanti saya lihat. Kalau mau pasti, PK, jadi dia butuh masukan kami," cerita Anita.

Pertemuan kala itu, menurut Anita, berlangsung cair. Lalu mereka mulai membicarakan status hukum Djoko Tjandra. Menurut Anita, Djoko Tjandra saat itu ingin menanyakan status hukumnya ke Kejaksaan, di mana saat itu dia adalah buronan kasus hak tagih (cessie) Bank Bali.

"Kalau inti pembicaraan saya sama Djoko Tjandra, terus terang banyak pembicaraan tapi paling inti dia bilang 'Anita tolong bantu saya, saya ingin hukum saya ditegakkan. Tolong saya butuh kebenaran hukum, saya ingin punya nama baik', itu inti dari pertemuan itu saya bilang siap Pak kalau itu yang diinginkan, mari sama-sama dilakukan," kata Anita sambil menirukan percakapan dia dengan Djoko Tjandra.

Selanjutnya
Halaman
1 2