Pimpinan DPR Bertemu Parlemen Korsel, Bahas Vaksin Corona hingga Investasi

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 12:25 WIB
Wakil Ketua DPR RI, Aziz Syamsuddin bertemu dengan Wakil Ketua Parleman Korea Selatan, Kim Sanghee di Gedung DPR, Jakarta Selatan. Keduanya membahas soal vaksin virus Corona (COVID-19) hingga investasi di Indonesia.
Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin bertemu dengan Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin bertemu dengan Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan Kim Sanghee di gedung DPR, Jakarta Selatan. Keduanya membahas vaksin virus Corona (COVID-19) hingga investasi di Indonesia.

"Kita dalam kesempatan pagi ini, dalam hal ini parlemen Indonesia dapat kunjungan resmi dari Wakil Ketua Parlemen Korea Selatan yang dalam hal ini honorable Miss Kim Sanghee yang datang bersama rombongan," kata Aziz kepada wartawan di Gedung DPR, Rabu (25/11/2020).

Aziz mengatakan dirinya dengan Kim Sanghee membahas hubungan Korea Selatan dengan Indonesia yang sudah terjalin sejak 1973. Dia juga membahas forum parlemen Asia-Pasifik yang akan berlangsung di Korea Selatan.

"Kemudian kaitan dengan Asia-Pacific Parliamentary Forum yang akan berlangsung pada 2021, di mana Korea Selatan sebagai tuan rumah," ucapnya.

Tak hanya itu, keduanya juga membahas penanganan COVID-19 lewat kerja sama vaksin.

"Dalam hal penangan COVID yakni terkait kerja sama baik dalam hal vaksin," ujarnya.

Sementara itu, Kim Sanghee juga menyebut pihaknya dengan Aziz Syamsuddin tidak hanya membahas COVID-19. Menurutnya, persoalan investasi hingga industri pertahanan juga menjadi pembicaraan.

"Dalam pertemuan dengan Bapak Aziz, Wakil Ketua DPR RI, kami bertukar pendapat secara mendalam untuk mempererat kerja sama secara lebih konkret melalui kerja sama antarparlemen, penanggulangan COVID-19, investasi dan perdagangan, hingga industri pertahanan," ungkap Kim. (maa/aik)