Soal Seragam Satpam Baru, Pimpinan DPR Soroti Efisiensi Anggaran Saat Pandemi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 17:52 WIB
Azis Syamsuddin
Azis Syamsuddin (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Idham Aziz menerbitkan peraturan baru Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa) yang tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 2 Tahun 2020. Wakil Ketua DPR RI bidang Korpolkam Azis Syamsuddin mengatakan DPR akan mengawasi kebijakan terbaru Kapolri tersebut.

"Pam Swakarsa tentu kan Pak Kapolri sudah memikirkan, tinggal pembentukannya itu tentu harus sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Undang-undang yang berlaku nanti seperti apa, kita DPR akan melakukan pengawasan. Apakah pemberlakuannya itu tidak melanggar atau tidak menyimpang dari konstitusi undang-undang yang ada," kata Azis di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Di publik muncul kekhawatiran Pam Swakarsa ini akan mengembalikan Indonesia ke Orde Baru (Orba). Azis mengatakan tak perlu mengkhawatirkan Pam Swakarsa sepanjang sesuai dengan undang-undang.

"Sepanjang sesuai undang-undang yang berlaku kan nggak perlu ada kekhawatiran. Sepanjang sesuai ketentuan undang-undang," ujar politikus Golkar ini.

Terkait seragam baru satpam yang juga diatur dalam Perkap Nomor 4 Tahun 2020 itu, Azis menilai perlu ada penghematan. Apalagi saat ini Indonesia tengah berada pada krisis akibat pandemi Corona sehingga perlu ada efisiensi.

"Jadi kalau masalah seragam satpam atau seragam apa tuh satpam ya, itu kan kewenangan dari instansi lah, yang penting jangan sampai perubahan seragam itu di tengah krisis begini tidak melakukan penghematan, efisiensi," tutur Azis.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Idham Azis telah menerbitkan aturan terbaru soal Pam Swakarsa. Pam Swakarsa dapat berupa pecalang hingga kelompok masyarakat yang dikukuhkan kepolisian.

Peraturan Kapolri (Perkap) terbaru soal Pam Swakarsa adalah Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Perkap ini ditandatangani oleh Jenderal Idham Azis pada 5 Agustus 2020.

Selain itu, seragam satpam mengalami perubahan hingga mirip dengan seragam polisi. Perubahan warna seragam satpam ini diatur di dalam Perkap Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

"Jadi sesuai dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa bahwa ada perubahan warna seragam satpam," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/9).

(rfs/elz)