Menteri Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Begini Reaksi Prabowo Subianto

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 11:48 WIB
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, ditangkap KPK diduga terkait ekspor benur. Bagaimana reaksi Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto?

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengatakan Prabowo sudah mengetahui penangkapan Edhy di Bandara Soekarno-Hatta pada dini hari tadi. Prabowo menunggu informasi selanjutnya dari KPK.

"Kami sudah melaporkan kepada Ketua Umum kami dan arahan dari Ketua Umum untuk menunggu perkembangan lebih lanjut informasi dari KPK," kata Dasco di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Partai Gerindra mengetahui penangkapan Edhy itu dari media. Dasco sendiri terakhir kali berkomunikasi dengan Edhy sebelum berangkat ke Amerika Serikat.

"Mungkin 2 minggu yang lalu atau 12 hari yang lalu, saya lupa," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, penangkapan Edhy Prabowo dikonfirmasi oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Penangkapan ini diduga terkait ekspor benur.

"Iya betul ditangkap," kata Ghufron kepada detikcom, Rabu (25/11).

Edhy ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta sepulang dari Amerika Serikat. Sejumlah orang turut ditangkap bersamanya, termasuk istrinya, Iis Rosita Dewi, yang merupakan anggota Komisi V DPR.

Momen Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK di Bandara Soetta.Momen Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK di Bandara Soetta. (Dok.Istimewa)

Berdasarkan foto yang diperoleh detikcom, Edhy tampak mengenakan kemeja biru dan celana hitam serta menggunakan masker. Edhy Prabowo beserta istri dan rombongannya langsung dibawa ke gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Saat ini, Edhy masih menjalani pemeriksaan intensif di KPK. Statusnya akan ditetapkan dalam 1 x 24 jam.

Edhy Prabowo diketahui memang dekat dengan Prabowo Subianto. Kisah kedekatan mereka ada di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2