Bursa Calon Ketua Umum MUI di Munas X

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 11:14 WIB
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta
Gedung MUI (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Musyawarah Nasional (Munas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) X segera digelar. Sejumlah nama muncul meramaikan bursa kandidat ketua umum MUI pengganti Ma'ruf Amin.

Ketua Steering Comittee (SC) Munas X MUI, Abdullah Jaidi, mengatakan ketua umum MUI akan dipilih lewat mekanisme formatur. Tim formatur ini terdiri dari 17 orang yang berasal dari pimpinan MUI saat ini, perwakilan ketua MUI wilayah, ormas, hingga unsur pesantren.

"Jadi dewan pimpinan pusat ada 22 orang itu dipilih oleh tim formatur, tim formatur itu ada 17 orang. Tim formatur dipilih oleh Munas itu terdiri dari ketua umum, sekjen, ketua wantim, MUI provinsi, ormas kemudian perguruan tinggi, kemudian pesantren jadi MUI provinsi 7 orang, ormas 5 orang, perguruan tinggi satu orang pesantren satu orang," kata Jaidi saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Selain memilih ketua umum, tim formatur akan menentukan dewan pimpinan MUI sebanyak 22 orang dan dewan pertimbangan MUI sebanyak 7 orang. Mereka biasanya berasal dari berbagai unsur ormas.

Jaidi mengatakan kandidat ketua umum saat ini masih belum mengerucut. Dia memprediksi calon ketua umum akan diketahui pasti di hari menjelang pemilihan.

Nama-nama Kandidat Ketua Umum MUI yang Beredar

Dua nama calon ketua umum yang beredar adalah Miftachul Akhyar dan Syafiq Mughni. Saat ditanyakan ke Jaidi, dia mengatakan hal itu masih sebatas wacana. Semuanya, kata Jaidi, tergantung tim formatur.

"Sampai sekarang belum mengerucut, mungkin hari kedua sudah ada perkembangan. Sekarang ini banyak kemungkinan," kata Jaidi.

Jaidi menjelaskan biasanya ketua umum MUI diduduki oleh Muhammadiyah dan PBNU. Namun sampai saat ini, kedua ormas tersebut belum menyerahkan nama kandidat ketua umum.

"Biasanya dari PBNU atau dari Muhammadiyah didominasi ormas besar," ujar Jaidi.

Selain nama Syafiq Mughni, nama lain dari Muhammadiyah yang muncul sebagai kandidat ketua umum adalah Muhyiddin Junaidi hingga Anwar Abbas. Muhyiddin saat ini menjabat Wakil Ketua Umum MUI, sedangkan Anwar saat ini menjabat Sekjen MUI.

"Iya kalau saya di struktur MUI sekarang sudah mau habis kemudian Pak Anwar Abbas Sekjen. Selanjutnya ya ditentukan oleh tim formatur, kalau formatur menganggap masih dibutuhkan," kata Muhyiddin saat dihubungi terpisah.

Lihat juga video 'MUI Usul Masa Jabatan Presiden, Sekjen: Tak Dibahas di Munas':

[Gambas:Video 20detik]



Halaman selanjutnya soal nama lain yang beredar menjadi kandidat ketum MUI

Selanjutnya
Halaman
1 2