Peringatan Hari Guru, Gubsu Janjikan Kesejahteraan Guru

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 25 Nov 2020 10:03 WIB
Foto: Gubsu Edy di Upacara Hari Guru 2020 (Arfah/detikcom)
Foto: Foto: Gubsu Edy di Upacara Hari Guru 2020 (Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menjadi inspektur upacara peringatan hari guru tahun 2020. Di situ, Edy berjanji akan memberikan kesejahteraan guru.

Dilihat detikcom pada Rabu (25/11/2020), upacara peringatan hari guru ini dimulai pukul 08.15 WIB. Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan Medan. Peletakan karangan bunga menjadi bagian dalam kegiatan upacara.

Usai upacara, Edy meminta kepada guru agar memperbaiki akhlak siswa. Perbaikan akhlak ini dilakukan agar anak menjadi cerdas.

Edy mengatakan pengajaran ilmu akhlak ini juga akan menciptakan anak menjadi taat kepada negara. Anak juga akan taat kepada orang tuanya."Ilmu Akhlak, sehingga anak cerdas," ucap Edy usai upacara.

"(Menciptakan) Anak yang taat kepada negaranya, kepada orang tuanya, (dan) akan membesarkan bangsa ini," tuturnya.

Edy kemudian berjanji akan memberikan perbaikan kesejahteraan kepada guru. Salah satu yang telah dilakukannya, kata Edy, adalah menaikkan gaji guru honorer.

"Guru honor saat ini kita akan melakukan perbaikan, tahap pertama kita sudah naikkan Rp 90 (ribu) per jam, kedepan insyaallah kita akan berikan kesejahteraan kepada guru," jelasnya.

Edy juga akan memberikan bantuan untuk anak sekolah tingkat SMA sederajat mulai tahun 2021. Bantuan sebesar Rp 50 ribu akan diberikan untuk bantuan SPP kepada siswa.

(hel/hel)