Debat Pilwalkot Makassar 2020

Appi-Rahman Singgung ADAMA soal Indeks Korupsi di Makassar Tinggi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 21:48 WIB
Debat kedua Pilwalkot Makassar (dok KPU Makassar)
Foto: Debat kedua Pilwalkot Makassar (dok KPU Makassar)
Makassar -

Debat kedua Pilwalkot Makassar juga berisi pembahasan soal tingginya indeks korupsi di Ibu Kota Sulawesi Selatan (Sulsel). Berdasarkan indeks persepsi korupsi tahun 2017 versi Transparency International Indonesia (TII), Makassar menempati kota terkorup kedua.

Pasangan Munafri Arifuddin-Abdurahman Bando (Appi-Rahman) melontarkan pertanyaan kepada pasangan Ramadhan (Danny) Pomanto-Fatmawati Rusdi (ADAMA). Rahman bertanya soal langkah-langkah agar Makassar tak lagi menjadi kota dengan tingkat korupsi tinggi.

"Ketika Ibu jadi wakil wali kota, bagaimana Ibu bisa menghindari agar Makassar tidak dilabelkan kota terkorup? Di media meletakkan Makassar jadi kota terkorup kedua," tanya Rahman dalam debat Pilwalkot Makassar kedua di Jakarta, Selasa (24/11/2020).

Pertanyaan tersebut dijawab Danny. Menurutnya, data itu berasal dari TII. Dan Danny mengklaim saat eranya menjabat sebagai Walkot Makassar, dia mengaku telah memperbaiki indeks korupsi tersebut.

"Apa yang disebut adalah CPI, corruption perceptions index, oleh TII di sebelas kota. Awal saya menjabat nilainya 36 angka dan itu mengerikan. Terakhir angka sudah memenuhi syarat dan kita bangkit dari persepsi korupsi itu luar biasa," jawab Danny.

Selanjutnya
Halaman
1 2