Sindir 'Yang Jakarta', Gubsu Dinilai Beri Warning Jangan Intervensi Pilkada

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 12:25 WIB
Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah-detikcom)
Gubsu Edy Rahmayadi di Medan (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi menyindir agar pihak 'yang dari Jakarta' tidak memancing berbuat tidak netral di pilkada. Apa maksud dari pernyataan Edy ini?

Akademisi dari Departemen Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU), Fernanda Putra Adela, mengatakan ucapan Edy ini menunjukkan Edy tak mau ada intervensi di pilkada se-Sumut. Dia menilai pernyataan Edy itu semacam warning agar tak ada yang coba-coba mengintervensi pilkada.

"Yang dimaksud Pak Edy ini warning, peringatan saja, agar kekuasaan tidak coba-coba intervensi," kata Fernanda, Selasa (24/11/2020).

Dia menilai ucapan Edy itu mewanti-wanti agar tak ada penggunaan kekuasaan untuk memobilisasi massa. Menurutnya, ada potensi kekuasaan digunakan untuk mengarahkan warga agar memilih salah satu calon di pilkada.

"Menurut kita, dalam kontestasi pilkada itu, tentu saja ada yang memungkinkan untuk menggunakan power, kekuasaan, mobilisasi massa untuk memilih satu calon tertentu. Karena ada kekuasaan di sana, tentu dalam politik hal yang normal," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2