Inilah Alasan Pentingnya Fotografi bagi Perusahaan

Content Promotion - detikNews
Selasa, 24 Nov 2020 14:03 WIB
Martha Suherman
Foto: Martha Suherman
Jakarta - Semenjak media sosial berkembang menjadi konsumsi sehari-hari, fotografi menjadi kunci dalam menggaet banyak orang. Bukan hanya bagi perorangan, perusahaan, instansi swasta maupun negeri, keberadaan media sosial sudah dianggap sebagai citra dari personal atau suatu lembaga.

Bagi UMKM, fotografi memiliki peranan penting dalam impresi. Konsumen akan menilai suatu produk mulai dari visual yang ditampilkan. Maka mengetahui ilmu fotografi sama dengan memperbaiki jati diri.

Dikutip dari Mannix Marketing, inilah alasan fotografi tidak hanya penting bagi individu tapi juga korporat.

1. Sebuah Foto Berharga Seribu Kata

Di zaman sekarang, konsumen suka melihat sesuatu untuk dirinya sendiri sebelum membuat keputusan untuk membeli. Internet telah membuat hal ini semakin mungkin, yang berarti foto dan video produk dan penawaran lebih berharga daripada sebelumnya. Sehingga tak heran sebuah foto kini sangat berharga dari seribu kata.

2. Foto Mewakili Merek

Ingatlah foto itu mewakili merek. Foto berkualitas rendah dan tidak profesional akan mengkomunikasikan hal yang sama tentang organisasi serta produk dan layanan yang ditawarkan. Oleh karenanya, foto sangat penting dalam memberikan kesan pertama. Jadi jangan berhemat untuk urusan ini.

3. Stakeholder Ingin Mengenal Anda

Saat orang mengunjungi situs web perusahaan, mereka ingin mengenal perusahaan lebih dekat. Namun, stok foto tidak membantu mereka melakukan itu dan mereka dapat memberi kesan palsu kepada orang-orang tentang apa yang Anda tawarkan. Cara terbaik bagi calon pelanggan untuk mengenal bisnis adalah dengan menunjukkan foto sebenarnya.

Martha SuhermanMartha Suherman Foto: Martha Suherman

4. Foto Memudahkan dalam Pencarian

Foto yang dioptimalkan dengan SEO dapat membantu situs web ditemukan dalam pencarian Google di halaman pertama. Hal ini tentu akan sangat mempermudah menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada stakeholder secara luas dan terarah.

5. Konten atau Foto adalah Raja

Dalam pemasaran bisnis secara online, konten adalah raja. Tetapi yang tidak disadari banyak orang adalah bahwa foto adalah konten, dan itu adalah bentuk konten yang kuat dan serbaguna pada era saat ini karena mampu memberikan visual yang kuat dan tentunya menarik.

Martha SuhermanMartha Suherman Foto: Martha Suherman

Itulah alasan mengapa fotografi penting bagi korporat termasuk perusahaan. Hal itu juga diakui oleh Fotografer Profesional Martha Suherman. Menurutnya, dunia fotografi kini tidak hanya sebatas hobi bagi sekelompok individu, tapi juga merupakan sebuah skill yang harus dikuasai oleh setiap orang dan perusahaan.

Nah, tentunya dalam hal ini diperlukan pelatihan yang intens, agar individu di dalam perusahaan dapat memaksimalkan kinerja fotografinya untuk menghasilkan sebuah foto profesional yang berkualitas. Sebab, fotografi tidak terlalu bergantung dengan hardware-nya, akan tetapi lebih kepada bagaimana fotografer memaksimalkan perannya.

"Fotografi itu adalah cahaya. Jadi kalau teman-teman tahu asal katanya, bahwa fotografi adalah melukis dengan cahaya. Artinya kita harus mengenali cahaya itu sendiri, cahaya itu yang membedakan hasil fotografi kamu bagus atau tidak," jelas Martha beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Martha kini aktif dengan aktivitasnya mengisi pelatihan fotografi untuk perusahaan. Tercatat dari BUMN, swasta hingga berbagai brand lainnya pernah menggunakan jasanya. Untuk mempelajari dasar-dasar fotografi dan mencoba aktivitas fotografi, kunjungi kanal YouTube milik Martha di sini. (ads/ads)