Sawer Duit Deklarasi Dukungan ke Paslon Walkot Tangsel, Aktivis Disidang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 22:27 WIB
Ilustrasi tangan diborgol
Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Tangerang Selatan -

Polres Tangerang Selatan (Tangsel) menetapkan seorang aktivis, Willy Prakarsa, sebagai tersangka dalam kasus dugaan politik uang (money politics). Willy Prakarsa diduga membagikan uang dalam kegiatan deklarasi terhadap salah satu pasangan calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

Kasat Reskrim Polres Tangsel AKP Angga Surya Saputra mengatakan pihaknya telah melimpahkan tahap II kasus itu ke Kejaksaan Negeri Tangsel. Willy Prakarsa juga mulai diadili di PN Tangsel.

"Setelah dilakukan serangkaian penyidikan, terhadap saudara Willy sudah dilakukan tahap II di Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan pada Selasa, 17 November 2020, pada hari ini Senin, 23 November 2020, telah dilakukan sidang pertama," jelas AKP Angga Surya Saputra dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Dalam proses penyidikan di kepolisian, Willy Saputra ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana money politics. Willy Prakarsa diduga membagi-bagikan uang di deklarasi dukungan terhadap salah satu paslon Walkot Tangerang Selatan.

"Dalam dugaan tindak pidana pemilihan 'setiap orang yang dengan sengaja melawan hukum memberikan uang atau materi untuk mempengaruhi pemilih' sebagaimana dimaksud dalam Pasal 187 A juncto Pasal 73 ayat (4) UU RI No 10 Tahun 2016 tentang Perubahan UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi undang-undang," beber Angga.

Angga menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi di Lapangan Bola Rawa Macek, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, pada 26 September 2020. Polisi mengantongi sejumlah bukti terkait pidana tersebut, salah satunya rekaman video di YouTube saat Willy Prakarsa membagi-bagikan uang.

"Selanjutnya dilakukan penyelidikan dan penyidikan bahwa berdasarkan keterangan saksi yang melihat langsung di tempat kejadian, yaitu lapangan bola Rawa Macek, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, bahwa benar Saudara Willy Prakarsa telah membagi-bagikan uang dan pada kegiatan tersebut Willy Prakarsa menyatakan dukungan bagi salah satu pasangan calon wali kota dan wakil wali kota sehingga patut diduga adanya tindak pidana pemilihan," paparnya.

(mei/jbr)