Viral Pemobil Sebar Uang di Tengah Jalan, Diduga untuk Sumbang Masjid

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 19:36 WIB
Viral pemobil sebar uang di jalanan di Kalsel (Screenshot video viral)
Viral pemobil sebar uang di jalanan di Kalsel. (Screenshot Video Viral)
Jakarta -

Video pengendara mobil menyebar uang di jalanan viral di media sosial (medsos). Peristiwa itu disebut-sebut terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dalam video yang beredar, terlihat mobil berwarna putih berhenti di tengah jalan. Di dalam video berdurasi 21 detik, terlihat uang tersebut disebar orang yang duduk di bangku penumpang di belakang sopir.

Tidak terlihat sosok yang ada di dalam mobil yang menyebarkan uang tersebut. Terlihat uang disebarkan secara berkali-kali, setidaknya lima kali.

Warga yang ada di lokasi pun langsung memunguti uang yang berserakan setelah disebar. Terlihat warga yang memungut uang membawa jaring serokan di tangannya.

Kondisi lalu lintas sempat macet sejenak ketika peristiwa itu terjadi. Setelah menyebarkan uang, mobil putih tersebut pun kembali berjalan.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes M Rifai membenarkan peristiwa tersebut terjadi di Mandingin, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalsel. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (21/11).

"Iya betul ada kejadiannya," kata Kombes Rifai saat dimintai konfirmasi, Senin (23/11/2020).

Diduga uang itu disebar untuk sumbangan pembangunan masjid. Dari informasi yang dihimpun, di lokasi tersebut tengah dilakukan pembangunan Masjid Al-Mukhlisin.

Peristiwa tersebut mendapatkan berbagai komentar dari warganet. Polisi tengah menyelidiki motif penyebaran uang tersebut lebih lanjut.

"Ada permintaan sumbangan untuk pembangunan masjid. Hanya caranya yang kurang baik. Sementara masih diselidiki siapa pelakunya dan apa motifnya melakukan hal tersebut," kata Rifai.

Warganet ada yang mendukung karena menilai amal tidak boleh diketahui identitasnya. Namun ada juga yang mengkritik karena cara menyumbang dengan menyebar uang dinilai tidak sopan.

(jbr/idh)