FPI Klaim Habib Rizieq Sudah Dites Swab, Hasilnya Negatif

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 19:24 WIB
Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar
Aziz Yanuar (Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Front Pembela Islam (FPI) menyebut Habib Rizieq Syihab (HRS) telah menjalani swab test PCR. Hasilnya, Imam Besar FPI tersebut dinyatakan negatif COVID-19.

"Sudah, sudah dites (swab). Negatif," kata Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat dihubungi detikcom, Senin (23/11/2020).

Aziz mengatakan pemeriksaan COVID-19 ini dilakukan oleh tim medis yang diutus oleh FPI, yaitu dari Hilal Merah Indonesia atau HILMI dan Mer-C. Namun ia tak bisa memerinci apakah tim medis yang mendatangi kediaman HRS atau sebaliknya.

"Dari kita, kan kita bilang ada tim dari Mer-C sama HILMI dia punya alatnya lengkap," ucapnya.

Ia mengatakan kegiatan tes swab ini dilakukan pada Minggu (22/11) lalu. Selain HRS, istri beserta seluruh anak dan menantu dites COVID-19 dan dinyatakan negatif Corona dalam tes yang disebutkan Azis ini.

"Ada tadi (keluarga di-swab test). Kalau tadi, anak sama menantunya juga negatif," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah aparat pada akhir pekan lalu mencoba menemui Habib Rizieq Syihab di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat untuk meminta Imam Besar FPI itu melakukan swab test. Namun hingga kini pihak Rizieq Syihab belum memberikan tanggapan.

"Tidak ada reaksinya soal mau mengikuti saran (melakukan swab test). Nggak ada konfirmasinya," kata Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono saat dihubungi wartawan, Senin (23/11/2020).

Dari dua hari pelaksanaan tracing di daerah Petamburan, Margiyono menyebutkan ada 169 warga yang telah mengikuti rapid test. Namun dia belum memastikan apakah dari 169 orang itu ada anggota keluarga Habib Rizieq.

(gbr/gbr)