Irma Suryani: Surya Paloh Positif COVID-19 Setelah Sembuh DBD

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 18:22 WIB
Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago
Irma Suryani Chaniago (Dok. detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh dinyatakan positif COVID-19. Paloh dikabarkan positif Corona setelah sembuh dari demam berdarah (DBD).

"Memang kena DBD, ya toh. Nah setelah DBD-nya sembuh, kan kemudian bapak juga kemarin itu masih dikunjungi beberapa tamu. Kita nggak tahu atau di mana kenanya. Tapi, setelah bapak sembuh dari DBD, tiba-tiba di-swab positif. Jadi masuk (rumah sakit)-nya DBD, bukan COVID," ujar politikus NasDem nonaktif, Irma Suryani Chaniago, saat dihubungi, Senin (23/11/2020).

Irma mengungkapkan saat ini kondisi Paloh stabil. Paloh pun tidak menggunakan ventilator.

"Tapi posisi beliau alhamdulillah stabil ya. Semuanya tidak bermasalah, gitu. Sangat stabil dan tidak menggunakan ventilator sama sekali," ungkap Irma.

Hingga saat ini, Paloh menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Irma menegaskan Paloh tidak dipindahkan ke rumah sakit lain.

"Ya sekarang masih di rumah sakit dan tidak dipindahkan ke rumah sakit manapun," kata Irma.

Seperti diketahui, Ketum NasDem Surya Paloh dikabarkan dirawat di RSPAD Gatot Subroto pada 18 November. Saat itu, Paloh disebut terkena DBD.

"Semalam saat diperiksa oleh tim dokter, trombosit Pak Surya memang menurun meski masih dalam batas normal," kata Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP NasDem Charles Meikyansah dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Namun hari ini Surya Paloh terkonfirmasi positif COVID-19. NasDem memohon doa untuk kesembuhan paloh.

"Betul (positif) COVID-19, saya mendapat kabar demikian dan saat ini sedang dilakukan observasi lanjutan oleh tim medis RSPAD," ungkap Sekjen NasDem Johnny G Plate kepada detikcom, Senin (23/11).

"Mohon doanya semoga Ketum Nasdem bang Surya Paloh segera pulih dan dapat beraktivitas normal kembali," imbuhnya.

(hel/zak)