Anies Baca 'How Democracies Die', PD Bandingkan Demokrasi di Era SBY

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 13:06 WIB
HERMAN KHAERON
Herman Khaeron (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto dia sedang membaca buku berjudul 'How Democracies Die' di akun media sosialnya. Partai Demokrat (PD) menyinggung soal kondisi demokrasi saat ini yang dinilai tidak sehat.

"Pastinya harus bertanya kepada Mas Anies Baswedan. Namun, jika melihat kondisi, demokrasi saat ini memang sedang tidak sehat," kata Kepala BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Herman membandingkan kondisi demokrasi saat ini dengan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Herman menilai demokrasi era SBY berkembang dengan baik.

"Bisa kita bandingkan dengan situasi politik di era Presiden SBY, demokrasi tumbuh, keadilan berlaku untuk semua, dan hukum tidak tebang pilih," ujar Herman.

"Ya silakan dibandingkan dengan era presiden SBY, itulah hakikatnya demokrasi. Bahkan media bebas mengkritik pemerintah," tambahnya.

Herman kemudian menyoroti kondisi demokrasi saat ini. Dia menganggap kondisi saat ini terkesan hilangnya nilai reformasi.

"Ada banyak aktivis yang kritis diperkarakan dan dinyatakan bersalah, seakan-akan nilai-nilai reformasi telah hilang," imbuhnya.

Sejumlah politisi dari berbagai partai juga telah meresponsnya, simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3