Pilu, Mempelai Pria di Gowa Ibunya Meninggal Sesaat Jelang Akad Nikah

Hermawan Mappiwali - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 12:45 WIB
Seorang pengantin pria, Shiming (25) di Kabupaten Gowa, Sulsel ibunya meninggal sesaat jelang akad nikah (dok. Istimewa).
Foto: Seorang pengantin pria, Shiming (25) di Kabupaten Gowa, Sulsel ibunya meninggal sesaat jelang akad nikah (dok. Istimewa).
Gowa -

Seorang pengantin pria, Shiming (25) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadi perhatian banyak orang lantaran ibunya meninggal dunia di malam jelang akad nikah. Kisahnya yang dibagikan melalui media sosial kemudian viral.

Sepupu pengantin pria, Fitri Yunengsih Basir yang membagikan kisah viral ini mengatakan, Shiming sedang menjalani tradisi mapaccing di rumahnya, di wilayah Kecamatan Parangloe, Gowa, pada Sabtu (21/11) malam, hingga ibunya tiba-tiba meninggal dunia. Dengan pakaian adat yang telah dikenakan, pengantin pria itu akhirnya tak kuasa menahan sedih di depan jenazah ibunya.

"Anaknya sudah pakaian pengantin untuk mapaccing baru ibunya meninggal," tutur Fitri Yunengsih kepada detikcom, Senin (23/11/2020).

Menurut Fitri, ibu pengantin pria yang bernama Hawi Daeng Nginga tersebut sebenarnya dalam keadaan sehat-sehat saja. Tapi beberapa jam sebelum acara mapaccing putranya, sang ibu tiba-tiba pingsan hingga dilarikan ke rumah sakit.

"Dibawa ke rumah sakit subuh-subuh. Ternyata koma karena tekanan tinggi, 12 jam di rumah sakit meninggal mi, malam baru dibawa pulang, pas malam itu kan acara mappaccing-nya anaknya," tutur Fitri.

Peristiwa kematian ini disebut Fitri sempat membuat keluarga menjadi kaget lantaran almarhumah tidak dalam keadaan sakit. Ibu dari pengantin pria selama ini juga dikenal sebagai tulang punggung keluarga setelah suaminya lebih dulu berpulang.

"Kebetulan itu ibunya orangnya baek. Kalau saya ke rumahnya dia sehat-sehat saja. Kalau bapaknya lama mi meninggal dan dia (Shiming) menikah di rumahnya saudaranya," katanya.

Karena peristiwa kematian ibunya itu, Shiming terpaksa tak lagi menyelesaikan proses mapaccing malam pernikahan. Kemudian pada keesokan harinya, Minggu (22/11), Shiming tetap menuju ke rumah mempelai wanita di Pinrang, Sulawesi Selatan, dan melakukan akad.

"Pukul 11.00 Wita kemarin pemakaman. Jadi selesai itu sekitar pukul 12.00 Wita dia berangkat ke Pinrang untuk akad," pungkas Fitri.

(nvl/nvl)