Debat Kedua Pilwalkot Makassar di Jakarta, Paslon Dilarang Bawa Pendukung

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Senin, 23 Nov 2020 11:57 WIB
Debat Pilwalkot Makassar 2020 (dok. Istemwa)
Foto: Debat Pilwalkot Makassar 2020 (dok. Istemwa)
Makassar -

KPU Makassar akan menggelar debat kedua pasangan calon wali kota-wakil wali kota di Pilwalkot Makassar 2020 pada Selasa (24/11) besok di Jakarta. Paslon diingatkan untuk tidak membawa pendukung ke lokasi debat.

"Kami sebarkan tidak membawa pendukung dan simpatian di lokasi dan sekitar lokasi debat. Jadi yang boleh masuk apa yang disepakati di dalam regulasi," ujar Komisioner KPU Makassar Endang Sari kepada wartawan, Senin (23/11/2020).

Pada pelaksanaan debat kedua cawalkot Makassar nanti, KPU melakukan perubahan durasi waktu untuk mempertajam gagasan paslon.

"Terkait durasi akan berubah, sementara kita sedang susun rundownnya dan sudah hampir final," katanya.

Endang mengatakan pada sesi menjawab pertanyaan panelis, waktu yang diberikan akan tetap sama yaitu 1 menit 30 detik. Namun menanggapi pertanyaan dari jawaban paslon atas pertanyaan panelis itu yang akan bertambah.

"Kemudian paslon yang bertanya dari jawaban tadi dari 30 detik menjadi 45 detik. Kemudian waktu untuk menyanggah dan menjawab pertanyaan dari paslon lain itu kalau sebelumnya 30 detik sekarang menjadi 1 menit 30 detik," terangnya.

"Akan lebih panjang dan eksplorasi gagasannya juga bisa dalam," imbuh dia.

Pada Debat II nantinya, palson yang diwakili oleh para Calon Wakil Walkot tidak lagi perlu mengulang penyampaian visi dan misi. Akan tetapi, visi dan misi akan ditampilkan lewat sebuah slide dan dibacakan oleh seorang voice narator.

Tidak hanya itu, KPU juga telah meminta kepada para paslon untuk tidak membawa pendukung dan simpatisan ke arena debat dan sekitar arena untuk menghindari kejadian yang terjadi pada Debat I, di mana salah seorang pendukung ditusuk oleh orang tidak dikenal.

Untuk diketahui, debat kedua cawalkot Makassar yang digelar besok akan bertemakan reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan dan ekonomi.

Debat Pilwalkot Makassar yang kembali di Jakarta sempat menjadi polemik, terlebih akibat adanya insiden penusukan salah satu pendukung Paslon di sekitar lokasi debat di wilayah Palmerah, Jakarta Barat.

(tfq/nvl)