Debat Pilkada Depok

Idris Banggakan Saber Pungli, Afifah Sindir Masih Ada Pungli di Depok

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 16:23 WIB
Pemilihan wali kota depok
Debat Pilkada Depok (Screenshot Youtube KPU Depok)

Afifah, yang merupakan calon wakil wali kota Depok nomor urut 1, mempertanyakan pembuatan e-KTP di Kota Depok. Menurutnya, ada banyak pungutan liar (pungli) dalam pembuatan e-KTP ini.

"Bicara mengenai pungli, yang tadi sudah disampaikan Pak Idris, yang kami rasakan sebagai masyarakat Kota Depok adalah pertama, Kota Depok belum pernah mencantumkan berapa lama waktu perizinan. Jadi kami warga Depok tidak pernah mengetahui berapa lama waktu perizinan sehingga pungli-pungli tetap ada di Kota Depok," kata Afifah.

"Karena saat ini di Kota Depok pengurusan KTP masih masalah, belum lagi kita warga Depok tidak pernah mengetahui batas waktu pelayanan pembuatan KTP, kami juga tidak tahu biaya pembuatan KTP," lanjutnya.

Menanggapi hal itu, Idris mengatakan, sesuai SOP, pembuatan e-KTP adalah 14 hari. Bila ada orang yang memakan waktu lama dalam mengurus e-KTP, lanjutnya, itu disebabkan kelengkapan berkas.

"Dari sisi teknis barangkali, ketika ada orang mengurus lama, ini mungkin terjadi, sering terjadi dari sisi kelengkapan berkas. Kalau SOP 14 hari, kalau berkasnya lengkap, ini 14 hari selesai. Itu sudah dipastikan, mungkin Bu Afifah berkas-berkasnya nggak lengkap," ucap Idris.


(imk/imk)