Kampanye Maskerisasi Anak, Camat Ini Jadi Terbaik di Lomba Kampung Sehat

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 16:16 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Program Lomba Kampung Sehat NTB 2020 yang mengusung jargon 'Nurut Tatanan Baru' usai digelar. Namun gaung dan indikator-indikator penilaian dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19 tetap digelorakan.

Salah satu kategori lomba yang dianugerahi Award Kampung Sehat NTB 2020, yakni kategori Camat Terbaik yang diraih Camat Cakranegara, Kota Mataram.

Kapolda NTB melalui Kabid Humas Kombes Pol. Artanto selaku Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwal) Pilkada menjelaskan beberapa indikator yang membuat Camat Cakranegara Muhammad Erwan dinilai sebagai Camat Terbaik.

"Selaku Camat, Muhammad Erwan bersama aparat TNI-Polri rutin melakukan monitoring dan evaluasi, terhadap pelaksanaan Program Kampung Sehat di wilayahnya. Ini hasil penilaian tim juri independen dari Unram dan UIN Mataram," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (22/11/2020).

Jadi, lanjutnya, walaupun Kecamatan Cakranegara tidak berposisi sebagai Kecamatan Terbaik, tapi rutinitas, aktivitas, dan kegiatan seorang camat yang menjadi indikator penilaian.

"Artinya, Camat Terbaik bukan harus kecamatan yang dipimpinnya jadi terbaik, pun sebaliknya," ucap Artanto.

Selain itu, ia juga menyebutkan indikator lain yang jadi penilaian Camat Terbaik Kampung Sehat NTB 2020. Menurutnya, ada dua indikator yang dinilai yaitu keaktifan berkampanye dan penggalangan sumber daya.

"Nah, dua indikator ini juga menjadi penentu penilaian. Camat Cakranegara ini dipandang sangat aktif melakukan kampanye pemakaian masker di wilayahnya. Pak Erwan blusukan dalam berkampanye. Hebatnya lagi, dia bahkan mengkampanyekan maskerisasi anak," jelasnya.

"Selanjutnya, Pak Camat juga sangat aktif dalam penggalangan sumber daya dalam upaya penanganan pandemi Corona Virus Disease atau COVID-19," tutupnya.

(mul/ega)