Pesta Panen di Polman Dimeriahkan Balap Motor Bawa Gabah di Jalur Berlumpur

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 12:37 WIB
Polewali Mandar -

Warga di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Polman, Sulbar) menggelar balap sepeda motor taxi dalam rangka memeriahkan pesta panen. Motor taxi merupakan jenis sepeda motor yang telah dimodifikasi untuk membawa karung berisi gabah hasil panen.

Perlombaan balap itu berlangsung pada 21-22 November 2020 di Desa Palatta, Kecamatan Tapango yang diikuti puluhan peserta. Mereka memperebutkan hadiah yang telah disiapkan panitia.

balap motor taxiBalap motor taxi di Polewali Mandar (Foto: Abdy Febriady/detikcom)

"Lomba dalam rangka memeriahkan syukuran pesta panen masyarakat Desa Palatta," ujar PJs Desa Palatta, Harigun, kepada wartawan, Minggu (22/11/2020).

"Target yang ingin kami capai, bagaimana pengemudi ojek taxi bisa tangkas dalam membawa beban dan bagaimana masyarakat Desa Palatta bisa terhibur," imbuhnya.

Balapan yang berlangsung di tengah area persawahan warga ini disambut sorak sorai ratusan penonton. Apalagi, hampir semua pembalap kesulitan melintasi jalur berlumpur sambil membawa sekarung sekam gabah.

Tidak sedikit pembalap harus meninggalkan jalur dengan kondisi bermandikan lumpur. Warga pun sampai harus masuk ke lintasan mengevakuasi sepeda motor yang terjebak dalam kubangan lumpur.

balap motor taxiBalap motor taxi di Polewali Mandar (Foto: Abdy Febriady/detikcom)

Lantaran berlangsung di tengah pandemi virus corona, Pjs Kepala Desa Palatta mengungkapkan peserta yang terlibat dalam lomba ini hanya masyarakat setempat saja. Dia juga mengaku telah membagikan masker dan mengimbau para penonton untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Ini lokal, saya tidak mengundang pihak luar karena ini situasi COVID-19. Saya mengimbau setiap penonton menggunakan masker, alhamdulillah sudah banyak yang memakai masker, karena masker sudah kita bagikan," kata Harigun.

Namun sayang, berdasarkan pantauan, masih banyak penonton yang bandel tidak memakai masker saat di lokasi balapan.

(dhn/dhn)