Jual Beli Serangan Akhyar Vs Bobby di Panggung Debat

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 08:31 WIB
Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia saat debat Pilkada Medan (dok. Facebook KPU Medan)
Foto: Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia saat debat Pilkada Medan (dok. Facebook KPU Medan)

Pertanyaan Berulang soal Medan Clean Track

Bobby Nasution mencecar Akhyar Nasution soal program Medan Clean Track yang disebutnya telah dihapus. Akhyar tidak memberi jawaban atas pertanyaan ini.

Awalnya Bobby bertanya soal orang diduga bunuh diri karena tak punya pendapatan saat pandemi Corona. Bobby mengatakan orang ini juga tidak mendapat bantuan sosial saat pandemi Corona.

"Tadi disampaikan pasangan calon nomor urut 1, Uda Akhyar dan Pak Salman, bagaimana pendataan penduduk sudah baik, pelayanan publik sudah baik. Tapi yang kami dapat di lapangan bagaimana ada di Kecamatan Medan Baru sampai ada korban meninggal atau bunuh diri karena pendataan tidak ada," kata Bobby saat debat di hotel Grand Marcure Medan.

"Dan akhirnya bantuan sosial selama pandemi tidak satupun dirasakan sama masyarakat yang hari ini sudah menjadi korban meninggal dunia atau bunuh diri. Bagaimana, apa yang sebenarnya sudah dilakukan Uda Akhyar selaku Plt wali kota yang juga ketua Gugus Tugas Kota Medan?" imbuhnya.

Bobby kemudian mempertanyakan program Medan Clean Track milik Pemko Medan. Bobby bertanya kenapa program ini dihapus padahal baru beberapa bulan berjalan.

"Tadi juga disampaikan bagaimana digitalisasi sudah disampaikan di Kota Medan. Tapi saya lihat bagaimana sistem kita untuk kebersihan Kota Medan, hari ini ada Medan Clean Track yang saya tahu umurnya tidak panjang hanya beberapa bulan, itu sudah menggunakan digital kenapa dicabut?" tutur Bobby.

Akhyar kemudian menjawab pertanyaan Bobby soal orang yang diduga bunuh diri karena tidak ada pendapatan itu. Dia mengaku hadir ke rumah yang bersangkutan.

"Mengenai ada yang bunuh diri ada di Padang Bulan sesungguhnya saya datang ke sana, saya cek, itu persoalan adalah persoalan keluarga. Real, saya ke lapangan, saya bukan dengar berita. Itu persoalan keluarga, saya bertanggungjawab terhadap hal ini," ujar Akhyar.

Bobby bertanya lagi soal Medan Clean Track. Namun, Akhyar tidak memberikan jawaban soal itu. Hingga akhir sesi tidak ada jawaban yang disampaikan Akhyar untuk persoalan ini.


(haf/haf)