Jual Beli Serangan Akhyar Vs Bobby di Panggung Debat

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 22 Nov 2020 08:31 WIB
Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia saat debat Pilkada Medan (dok. Facebook KPU Medan)
Foto: Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia saat debat Pilkada Medan (dok. Facebook KPU Medan)
Beda Pendapat soal Flying Garden

Masalah konsep flying garden atau taman di rooftop untuk mencegah banjir ala Akhyar Nasution juga jadi pembahasan panas. Bobby mengaku heran dengan konsep Akhyar.

"Bagaimana tadi disampaikan flying garden, tanaman rooftop itu bisa mencegah banjir. Mungkin uda (paman) bisa menjelaskan sedikit tanaman di rooftop bisa mencegah banjir, kalau mungkin polusi saya setuju," ucap Bobby.

Pertanyaan Bobby ini kemudian dijawab Akhyar. Wakil Wali Kota petahana ini menyebut taman di rooftop bisa menahan air hujan agar tidak langsung turun ke parit.

"Jadi penjelasannya, nanti di atas gedung-gedung kita naikkan tanah menjadi taman. Nanti ketika hujan itu tanah dia menahan air untuk tidak segera turun ke parit," kata Akhyar.

Hal itu, kata Akhyar, bisa mencegah banjir terjadi karena volume air yang masuk ke parit bisa dikontrol. Dia menyebut air di parit tak akan meluap jika sebagian air yang turun bisa ditahan di flying garden.

"Karena kuncinya bisa menahan air, menjadi penahan air tidak bersamaan masuk ke parit. Sehingga volume air kita bisa menahan. Jadi air di parit bisa mengalir baru 1-2 jam air yang tertahan di rooftop garden baru dia turun sehingga tidak meluap menjadi banjir," jelasnya.

Penjelasan Akhyar ini kemudian dibantah lagi oleh Bobby. Dia menyebut taman di rooftop bisa untuk mengurangi polusi bukan banjir.

"Biopori lebih masif dilakukan. Kalau rooftop tadi untuk polusi bukan banjir," tutur Bobby.